Pemain Kunci Perancis vs Kroasia: N'Golo Kante di Piala Dunia 2018

Oleh: An Ismanto - 14 Juli 2018
Kante adalah tembok pertama di lini tengah Perancis.
tirto.id - Kendati berposisi sebagai gelandang bertahan, tak ada yang meragukan bahwa N'Golo Kante sebenarnya adalah pemain kunci Perancis vs Kroasia di laga final Piala Dunia 2018 yang akan dilangsungkan di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Sabtu (15/7/2018) pukul 22.00 WIB.

Pasalnya, Perancis di bawah Didier Deschamps dikenal sangat berhati-hati dalam bermain dan menekankan pada aspek pertahanan. Begitu pentingnya peran Kante hingga ia selalu bermain dalam keenam 6 laga yang telah dijalani Perancis selama turnamen di Rusia. Catatan statistik N'Golo Kante selama 6 laga Piala Dunia 2018 membuktikan peran pentingnya.




Masih terbilang wajar jika sebagai gelandang bertahan ia memperoleh 1 kartu kuning. Tetapi ia bukan hanya bertahan semata-mata karena mencatatkan 0,7 tembakan per pertandingan. Perannya dalam menjaga keseimbangan lini tengah Perancis dibuktikan dengan rataan umpan suksesnya yang mencapai 89,6% dari rata-rata jumlah total umpan 57,8. Kendati tinggi badannya hanya 168 cm, ia masih bisa mencatatkan rata-rata 0,5 kali menang duel udara.

Tak heran jika ia 2 kali memperoleh gelar man of the match selama berlaga di Piala Dunia 2018.

Aspek defensif pemain kunci dalam laga Perancis vs Kroasia ini juga impresif. Ia melakukan rata-rata 2,3 kali tackle, mengintersep upan lawan hingga 3,2 kali, dan melakukan pelanggaran rata-rata 1,3 kali. Ia rata-rata 1,7 kali membuang bola berbahaya dan 0,2 kali mengeblok tendangan lawan.

N'Golo Kante dikenal sebagai pemain tengah yang memiliki kekuatan fisik. Karena menit bermainnya hanya 540, ia akan tampil lebih segar saat menghadapi dirijen permainan Kroasia, Luka Modric, yang menit bermainnya lebih banyak. Tetapi, para pemain Kroasia sudah membuktikan bahwa mereka bisa tampil trengginas saat lawan Inggris meskipun dianggap lelah.

N'Golo Kante akan memastikan Luka Modric benar-benar lelah karena tidak bisa mendominasi lini tengah.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya An Ismanto
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: An Ismanto
Editor: An Ismanto
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live