Liga Italia 2020-2021

Peluang Juventus Lolos Liga Champion & Daftar Tim Serie A Zona UCL

Oleh: Beni Jo - 17 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Peluang Juventus lolos ke Liga Champion berdasarkan klasemen Liga Italia 2021 giornata 37: sulit, tetapi bisa ke UCL jika nilai sama dengan Napoli & Milan.
tirto.id - Peluang Juventus untuk lolos ke Liga Champions 2021/2021 cukup berat. Saat ini, Bianconeri baru mengumpulkan 75 poin dari 37 laga dan duduk di peringkat 5 klasemen Serie A. Apakah ini bermakna Cristiano Ronaldo dan kolega akan bermain di Liga Eropa musim depan?

Di Liga Italia 2020/2021, Inter Milan keluar sebagai tim peraih scudetto alias jawara. Mereka mengoleksi 88 poin dari 37 pertandingan. Nerazzurri menjadi tim pertama dari Serie A yang memastikan lolos ke Liga Champions musim depan.

Sementara itu,
Atalanta menyegel tempat berikutnya di Liga Champions. La Dea berada di posisi runner-up membukukan 78 poin dari 37 laga. Meskipun demikian, Atalanta belum pasti menjadi peringkat 2 di klasemen akhir Serie A.

Ada potensi La Dea turun peringkat. Pasalnya, Napoli dan Milan (76 poin) bisa saja menggeser mereka andai menang di partai terakhir (giornata 38).


Berikutnya, terdapat 3 klub yang akan memperebutkan 2 tiket tersisa. Yakni Napoli, Milan, dan Juventus. Bianconeri menjadi tim yang kemungkinannya paling tipis lolos ke UCL karena tertinggal 1 poin dari Napoli dan Milan.

Berdasarkan jadwal dalam giornata 38 alias pekan penutup pada Minggu (23/5), Atalanta diagendakan menjamu Milan di Stadion Gewiss. Napoli bermain kandang meladeni Hellas Verona di Stadion Diego Armando Maradona. Sedangkan Juve tampil tandang menuju markas Bologna di Stadion Renato Dall'Ara.

Menilik agenda tersebut, Si Nyonya Tua tidak cukup hanya menang dari Bologna. Nasib mereka tergantung hasil yang digapai Rossoneri dan Partenopei.

Kendati demikian, ada potensi bahwa ketiga klub tersebut bakal sama-sama mengemas 76 poin di akhir musim dan 2 tiket tersisa menuju UCL berpeluang ditentukan melalui skema klasemen mini berdasarkan skor head to head antara Milan, Napoli, serta Juve.

Skema tersebut memberikan asa yang cukup besar bagi Cristano Ronaldo dan kolega untuk tetap bisa berlaga di UCL bersama Milan dengan mengatakan asa Napoli.



Berikut adalah perhitungan matematis peluang ketiga tim untuk lolos UCL mengutip laman Football-Italia .

Milan

Milan menjadi tim terdepan untuk dapat mendampingi Inter dan Atalanta. Duel melawan La Dea menjadi partai penentu bagi langkah armada besutan Stefano Pioli.

Mereka membutuhkan kemenangan demi menyegel satu tempat di UCL tanpa terpengaruh hasil yang dicapai Napoli dan Juve. Selain itu, tambahan poin penuh juga berpotensi mengatarkan Milan sebagai runner-up klasemen Serie A menggusur Atalanta.

Rekor pertemuan dengan Napoli dan Juve juga berpihak kepada Rossoneri. Milan akan menempati peringkat pertama dalam klasemen mini tersebut.

Napoli

Napoli membutuhkan kemenangan atas Verona untuk mengamankan posisi di 4 besar. Artinya, Partenopei diprediksi akan tampil habis-habisan demi ambisi lolos Liga Champions.

Jika melihat skor head to head, Napoli masih kalah dengan Juve. Maka, tidak ada kata lain bagi pasukan arahan Gennaro Gattuso selain membukukan kemenangan di partai penutup mendatang.

Juventus

Peluang Juve lolos UCL tergantung performa yang dihasilkan Napoli dan Milan. Si Nyonya Tua bisa saja meraih tiket Liga Champions jika mampu mengalahkan Bologna sembari berharap Rossoneri atau Partenopei tergelincir atas lawannya masing-masing.

Ada opsi lain bagi La Vecchia Signora untuk tetap lolos jika saja mereka hanya bermain imbang. Sementara Milan dan Napoli sama-sama kalah. Artinya, ketiga tim ini akan mengakhiri kompetisi melalui raihan 66 poin.

Melalui skema klasemen mini berdasarkan hasil pertemuan antara Juve, Milan, dan Napoli di musim ini, tiga nama tersebut juga akan sama-sama mengumpulkan 6 poin.

Tempat teratas bakal diduduki Milan dengan mempunyai selisih gol plus 2. Juve dan Napoli memang sama-sama mempunyai selisih gol minus 1.

Namun, klub besutan Andrea Pirlo cukup diuntungkan lantaran bakal berada di peringkat kedua. Mereka mampu mencetak 5 gol. Sedangkan Napoli ada di urutan ketiga dengan alasan hanya melesakkan total 4 gol

Dengan demikian, Milan dan Juve berpeluang menjadi peraih tiket terakhir UCL dari Serie A sekaligus memupus harapan Napoli untuk lolos dalam hajatan tersebut jika berdasarkan klasemen mini.

Berikut daftar tim Serie A yang berada di zona UCL

Tim Poin
Antar 88
Atalanta 78
Napoli 76
Milan 76
Juventus 75

Skor Head to Head antara Milan, Napoli, & Juve


Milan

Milan vs Juventus 1-3
Juventus vs Milan 0-3
Napoli vs Milan 1-3
Milan vs Napoli 0-1

Napoli

Napoli vs Milan 1-3
Milan vs Napoli 0-1
Napoli vs Juventus 1-0
Juventus vs Napoli 2-1

Juventus

Milan vs Juventus 1-3
Juventus vs Milan 0-3
Napoli vs Juventus 1-0
Juventus vs Napoli 2-1

Klasemen Mini Milan, Napoli, & Juve

Tim Poin Memasukkan Kemasukan Selisih Gol
Milan 6 7 5 +2
Juventus 6 5 6 -1
Napoli 6 4 5 -1



Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight