Pelindo I Gelar Mudik Gratis bagi 2.150 Warga Jelang Lebaran

Oleh: Maya Saputri - 2 Juni 2017
PT Pelindo I akan menggelar kegiatan mudik gratis bagi 2.150 warga masyarakat yang berada di wilayah kerja perusahaan tersebut.
tirto.id - Menjelang persiapan menyambut libur Lebaran, PT Pelindo I akan menggelar kegiatan mudik gratis bagi 2.150 warga masyarakat yang berada di wilayah kerja perusahaan tersebut.

"Kegiatan ribuan mudik gratis itu akan berangkat dari Batam, Pekanbaru, Perawang, Dumai dan Medan," ujar Senior Manajer Pelayanan Kapal dan Barang PT Pelindo I Mardioti, di Medan, Kamis (1/6/2017).

Program mudik gratis tersebut, menurut dia, akan menuju beberapa kota di Pulau Sumatera, yakni dari Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Belawan dengan jadwal keberangkatan, Rabu (21/6/2017) menggunakan KM Kelud.

"Sedangkan tujuan Pekanbaru-Padang, Perawang-Padang, Perawang-Medan, Pekanbaru-Medan, Medan-Aceh, Dumai-Medan, dan Medan-Tapanuli Selatan dengan jadwal keberangkatan, Selasa (20/6/2017) menggunakan bus," kata Mardiofi.

Ia menyebutkan Pelindo akan menyediakan 45 bus untuk program mudik gratis ini.

Pendaftaran peserta mudik gratis ini dapat dilakukan mulai 29 Mei hingga 15 Juni 2017 di kantor Cabang Pelindo I di setiap daerah keberangkatan atau Dinas Perhubungan dengan membawa kartu keluarga dan identitas diri.

"Seluruh peserta mudik gratis juga akan dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo I dan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kaos mudik, topi, konsumsi, serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC," kata Mardioti.

Kepala Humas Pelindo I Fiona Sari Utami mengatakan, Program Mudik Gratis Bareng Pelindo ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman masing-masing dengan moda transportasi darat maupun laut, hingga sampai ke kota tujuan.

Ia mengatakan, selain menggelar Program Mudik Gratis, Pelindo juga menyiapkan Angkutan Lebaran dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri 2017.

Kesiapan ini dilakukan dengan pemantauan pada delapan cabang pelabuhan, yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

"Kami berkomitmen menyiapkan dan menjaga seluruh fasilitas agar selalu siap untuk dipergunakan demi kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini," kata juru bicara Pelindo, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga artikel terkait ARUS MUDIK LEBARAN atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight