Pelembab yang Cocok Untuk Kulit Kering di Musim Kemarau

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pelembab yang cocok untuk kulit kering di musim kemarau idealnya mengandung campuran emolien.
tirto.id - Musim kemarau bisa berdampak signifikan bagi kesehatan kulit. Musim kemarau yang identik dengan cuaca kering akan semakin memperburuk kondisi kulit yang memiliki jenis kering. Sehingga jenis kulit kering ini membutuhkan lebih banyak perhatian serta perawatan.

Pelembab berkualitas dapat membantu memperbaiki kulit kering, gatal, dan teriritasi. Tetapi tidak semua pelembab akan bekerja untuk kulit yang sangat kering, terutama di bulan-bulan yang lebih dingin. Dilansir dari laman The Strategist Noelani Gonzalez, direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West, mengatakan orang dengan kulit kering, terutama penderita eksim, harus sangat memperhatikan pelembab yang mereka gunakan.

“Krim dan salep goopy dan berminyak adalah teman terbaik Anda jika Anda memiliki kulit kering karena berbasis minyak, memiliki konsistensi lebih tebal, dan memberikan lebih banyak hidrasi daripada lotion," katanya.

Namun, ini juga tergantung pada musim, di mana para pakar seperti ahli kulit Rita Linkner, dari Spring Street Dermatology, dan Marnie Nussbaum, seorang instruktur klinis dermatologi di Weill Cornell Medical School - menyebutkan bahwa Anda dapat beralih ke lotion yang lebih ringan , pelembab berbasis gel, atau serum di musim panas.

Hampir semua ahli menyebutkan bahwa pelembab idealnya mengandung campuran emolien (seperti ceramide) yang memperbaiki kulit Anda, dan pelembab (seperti gliserin dan asam hialuronat) yang memberi kelembaban pada kulit. Berikut beberapa produk pelembab yang mungkin bisa Anda pilih untuk memperbaiki kulit kering di musim kemarau,

Krim Pelembab Cetaphil

Jika Anda memiliki anggaran, Anda bisa mulai dengan sesuatu seperti krim pelembab Cetaphil yang direkomendasikan oleh ahli. Pelembab hidrasi seperti gliserin dan pelembut kulit seperti gliseril stearat dan minyak almond manis, menurut dokter kulit Hadley King, seorang instruktur klinis dermatologi di Weill Medical College of Cornell University bagus untuk wajah dan tubuh.

Nivea Soft Krim Pelembab

Krim Nivea ini mengandung vitamin E dan minyak jojoba. Ini menyerap dengan cepat ke kulit Anda dan melembabkan tanpa terlalu berminyak.

Body Shop Oils of Life Revitalizing Sleeping Krim

Berbagai macam minyak alami ini membuat krim malam memiliki dorongan ekstra. Ini melembabkan tetapi tidak terlalu berat.

Neutrogena Hydro Boost Hyaluronic Acid Hydrating Face Moisturizer Gel-Cream to Hydrate and Smooth Extra-Dry Skin

Meskipun jika Anda mencari sesuatu dengan harga yang lebih murah, Gonzalez juga merekomendasikan krim gel Neutrogena ini yang diformulasikan untuk kulit ekstra-kering (yang merupakan versi berbeda dari yang sering direkomendasikan untuk penderita jerawat). Ini mengandung asam hialuronat dan gliserin, yang membantu mengunci kelembaban, dan terasa ringan.


Baca juga artikel terkait KULIT atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight