Pelatih Timnas U-19 Jepang Akui Potensi Sepak Bola Indonesia

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 29 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Masanaga menilai Timnas U-19 Indonesia punya semangaat juang tinggi yang tak dimiliki banyak tim-tim lain.
tirto.id - Pelatih Timnas U-19 Jepang, Masanaga Kageyama melempar pujian terhadap potensi sepak bola di Indonesia, usai timnya mengalahkan Timnas U-19 pada laga perempat final Piala AFC U-19, Minggu (28/10/2018) malam. Dari performa Tim Nasional di level usia U-19 yang menjanjikan, Masanaga berani menjamin jika Indonesia akan punya masa depan cerah dalam hal sepak bola.

Ketika ditanyai secara spesifik mengenai apa yang unik dari Timnas U-19 Indonesia yang baru ia lawan, Masanaga tak bisa menjelaskannya secara detail. Ia hanya merasakan bahwa bertanding menghadapi Timnas U-19 Indonesia terasa berbeda dan menyulitkan.

"Pemain Indonesia tidak takut kepada pemain lawan, kecepatan bagus. Sepakbola makin berkembang di negara ini, dan saya pikir Indonesia punya potensi untuk menjadi negara yang kuat di Asia," ujar Kageyama seperti dikutip Goal.

Menghadapi Indonesia memang bukan hal baru bagi Kageyama. Sebelumnya, ia punya pengalaman melatih Timnas Singapura, dan beberapa kali juga bersua dengan skuat Indonesia. Sejak dulu, di matanya Indonesia memang selalu merupakan tim yang kuat dan punya potensi melakukan hal yang lebih baik di kompetisi Asia.

"Mereka tim yang sangat kuat. Kuat. Menurut saya. Sebelumnya saya pernah menjadi pelatih di Singapura pada 2008 dan saya melihat kekuatan utama dari Indonesia adalah kuat," ungkapnya.

Dalam laga yang dihelati di Stadion Utama Gelora Bung Karno Kemarin, skuat Timnas U-19 Jepang yang dilatih Kageyama menang 2-0 atas Indonesia. Dua gol keunggulan Jepang atas tuan rumah masing-masing dicetak Higashi Sunki dan Taisei Miyashiro.


Tak hanya memastikan langkah ke semifinal, kemenangan atas Indonesia juga membuat Jepang sudah pasti meraih satu tiket untuk tampil di Piala Dunia U-20 yang bakal dihelat di Polandia tahun 2019 mendatang. Mengenai reaksi terhadap turnamen terbesar tersebut, Kageyama tak mau bicara banyak.

Target Jepang sebelum berangkat ke Piala AFC U-19 2018 memang lolos ke semifinal dan peraih tiket Piala Dunia. Namun, seiring keberhasilan lolos ke semifinal, saat ini Samurai Biru menaikkan targetnya dengan mengincar gelar juara.

"Sekarang kami meningkatkan target kami untuk bisa menjadi juara Piala Asia U-19," pungkasnya.

Maka dari itu saat ini Masanaga pun hanya ingin memfokuskan skuatnya guna merajai Asia. Jepang sendiri merupakan juara bertahan dari edisi terakhir Piala AFC U-19, tahun 2016 lalu.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight