Pelatih Eduardo Perez Jadi Alasan Irfan Bachdim Gabung PSS Sleman

Oleh: Irwan Syambudi - 12 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Keberadaan pelatih Eduardo Perez Moran di PSS menjadi salah satu alasan kuat Irfan Bachdim untuk membela tim berjuluk Super Elang Jawa tersebut.
tirto.id - Irfan Haarys Bachdim mengungkapkan alasannya bergabung dengan PSS Sleman. Keberadaan pelatih Eduardo Perez Moran di PSS menjadi salah satu alasan kuat dia untuk membela tim berjuluk Super Elang Jawa tersebut.

"Saya sudah bertemu sama pelatih, saya percaya sama visi dia dan saya setuju. Dia kasih tahu dia mau main kayak bagaimana dan latihan harus bagaimana, itu seperti klub di Eropa," kata Irfan Bachdim saat diperkenalkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (12/2/2020).

Tak hanya berbicara dengan pelatih. Sebelum memutuskan bergabung, ia juga terlebih dahulu menjalin komunikasi dengan sejumlah pemain PSS yang lebih dahulu bergabung seperti Arthur Irawan, Gede Sukadana, dan Alfonso De La Cruz.

"Dia bilang ada banyak pemain bagus dan lebih muda. Pemain muda mungkin butuh bantuan dari pemain senior. Karena banyak pengalaman dari luar negeri dan timnas mudah-mudahan saya bisa bantu tim," kata dia.

Selian itu, salah satu alasan bergabung ke PSS, kata Irfan, adalah demi mencari pengalaman baru dan untuk mendapat menit bermain yang lebih baik. Sebab, di Bali United belakangan ia tak lagi menjadi pilihan utama pelatih.

Sejatinya, kata Irfan, ia bermimpi untuk mengakhiri karier di Bali United. Namun di sepakbola, kata dia, segalanya bisa terjadi dan sulit untuk diprediksi.

"Di Bali saya tidak sering main, banyak pertandingan saya dicadangankan, atau enggak main. Saya butuh challenge yang baru. Sekarang saya harus buktikan lagi kualitas saya," ujarnya.

Pelaksana tugas Manajer PSS, M. Eksan saat perkenalan Irfan Bachdim di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (12/2/2020) memberikan ucapan selamat kepada Irfan yang telah menjadi bagian dari Super Elang Jawa.

"Selamat datang kepada Irfan Bachdim yang pada siang hari ini kami perkenalkan. Dan kontrak Irfan Bachdim [di PSS] selama satu musim kedepan," kata dia.

Pemain berusia 31 tahun itu, kata Eksan, akan langsung mengikuti latihan bersama tim PSS pada hari ini. Di PSS Irfan akan mengenakan nomor punggung 17 yang identik dengannya saat memperkuat Timnas Indonesia di ajang AFF 2010.

Sebelum bergabung di PSS, Irfan Bachdim memperkuat Bali United sejak 2017. Ia juga sempat memperkuat klub Thailand Chonburi FC dan Huai Thalaeng di tahun 2012 hingga 2014. Pada 2014 hingga 2015 ia memperkuat klub Jepang Ventforet Kofu dan C'dole Sapporo.

Irfan juga sempat berkarier di Belanda, negara sang ibu berasal. Irfan sempat membela tim junior Ajax Amsterdam, Utrecht, dan Harlem.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight