Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di Mata Gubernur DKI, Jateng & Jabar

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 20 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi komentar atas pelantikan Jokowi-Maruf Amin hari ini.
tirto.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri acara pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) hari ini (20/10/2019). Ia pun menyampaikan bahwa pasangan tersebut akan menghadapi tantangan yang tak mudah.

"Tantangan Indonesia hari ini tidak ringan. Faktor eksternal dunia berubah cepat, baik politik, ekonomi, sosial, budaya apalagi ekonomi, maka nampak-nampaknya Pak Jokowi-Ma'ruf akan menghadapi tantangan yang tidak ringan," ujar Ganjar saat ditemui di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Dengan itu, Ganjar menilai perlu adanya posisi yang saling mendukung dan menyokong antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

"Kalau saya sebagai gubernur, tentu memperkuat posisi itu dari daerah, sehingga menjadi keputusan politik, 'oh ini bisnisnya mesti cepat, easy of doing business diwacanakan', pencegahan korupsi mesti berjalan di daerah, terus kemudian reformasi dilaksanakan," ujar politisi PDIP tersebut.

"Saya kira kami kami ini yang di daerah yang harus melaksanakan itu, dan menciptakan kondisi yang kondusif. Kalau itu terjadi, maka pasti masuk, terus kemudian pemerintahan akan berjalan baik dan cepat. Dan itu bisa responsif terhadap perubahan yang terjadi dan itu sangat berguna," lanjutnya.

Selain Ganjar, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disapa RK, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pun telah hadir dan sempat menyampaikan harapan mereka atas pemerintahan baru.

"Kami percaya Pak Ma'ruf Amin di Jakarta," ujar Anies saat ditemui di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).



"Beliau orang Jakarta, pernah jadi anggota DPRD, sangat memahami soal-soal Jakarta. Insya Allah bisa kerjasama dengan baik," lanjutnya.

Di sisi lain, RK berharap agar masalah yang terjadi pada pada masa Pemilu tak lagi diungkit.

"Saya sangat berharap yang baik-baik di periode pertama Pak Jokowi dilanjutkan, yang kurang-kurang diperbaiki," ungkap RK saat ditemui di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Saya kemudian berharap jangan lihat masa lalu lagi urusan pemilu, kita lihat ke depan kalau terlalu banyak liat spion suka nabrak," lanjutnya.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dilantik oleh MPR sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Hal ini ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan oleh keduanya dan penandatanganan berita acara pelantikan yang dilaksanakan hari ini, Minggu (20/10/2019).


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Maya Saputri
DarkLight