Pelantikan Joe Biden Hari Ini: Ada Lady Gaga-Bon Jovi, Trump Absen

Oleh: Yulaika Ramadhani - 20 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Pelantikan Joe Biden dilaksanakan pada hari ini Rabu, 20 Januari 2021 pukul 11.30 a.m
tirto.id - Sejumlah musisi dan artis akan menghadiri agenda pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris hari ini, Rabu (20/1/2021).

Selebritas yang hadir di antaranya adalah Lady Gaga, Justin Timberlake, Garth Brooks, Jennifer Lopez, Demi Lovato, Ant Clemons, Jon Bon Jovi, John Legend, Foo Fighters, Kerry Washington, hingga Bruce Springsteen.

Pelantikan Joe Biden ini dilaksanakan pada hari ini Rabu, 20 Januari 2021 pukul 11.30 a.m waktu setempat, atau pukul 23.30 WIB waktu Indonesia.

Dalam agenda pelantikan presiden AS ini, Lady Gaga akan menyanyikan lagu kebangsaan Amerika. Selain itu, akan ada acara TV khusus 90 menit yang dibawakan oleh Tom Hanks yang dimulai pada pukul 20.30 waktu setempat atau 8.30 WIB 21 Januari 2021 (waktu Indonesia).

Pada pelantikan presiden AS tahun ini juga dihadiri oleh politisi dan pemimpin agama, seperti uskup agung, pendeta dan rabi, yang juga biasanya memberikan pidato.

Apakah Donald Trump menghadiri pelantikan Biden?

Donald Trump menulis di akun twitternya pada 8 Januari bahwa dia tidak akan menghadiri pelantikan Biden.

“Kepada semua yang sudah bertanya, saya tidak akan menghadiri pelantikan (Biden) pada 20 Januari,” ujarnya. Akun Twitter Trump sejak itu telah diblokir secara permanen oleh pihak Twitter.

Akun @realdonaldtrump, dinonaktifkan secara permanen oleh Twitter pada Jumat (8/1/2021) waktu setempat. Sebelumnya, akun Trump sempat diblokir selama 12 jam pada Rabu (6/1/2021) setelah mengeluarkan disinformasi soal pemilu AS dan mendorong penyerbuan di gedung Capitol.


Jadwal acara Pelantikan Presiden AS Joe Biden (Biden's inauguration)

Presiden terpilih harus mengambil sumpah jabatan sebelum menjalankan tugas. Setelah upacara pelantikan presiden, Biden akan menyampaikan pidato pengukuhannya. Berikut jadwal selengkapnya, sebagaimana dikutip Cnet:

10 a.m (22.00 WIB): Perayaan Pengukuhan Joe Biden oleh Pemuda Amerika di Gedung Putih
11:30 a.m (23.30 WIB): Upacara pengukuhan Joe Biden.
Setelah upacara: Pass in Review, tradisi militer lama yang mencerminkan pengalihan kekuasaan secara damai kepada presiden baru.
Sebelum parade: Upacara Peletakan Karangan Bunga Pemakaman Nasional Arlington. Biden akan bergabung dengan mantan presiden Barack Obama, George W. Bush dan Bill Clinton.
03.15 p.m (03.15 WIB 21 Januari): Parade virtual, yang akan dimulai dengan agenda Biden menerima pengawalan presiden ke Gedung Putih. Parade tersebut akan dipandu oleh aktor Tony Goldwyn.
8:30 p.m (8.30 WIB 21 Januari): Acara TV spesial 90 menit, Celebrating America, dibawakan oleh aktor Tom Hanks.

Tema Pelantikan Presiden AS 2021

Pada 11 Januari lalu, Komite Pelantikan Biden menulis dalam akun media sosialnya bahwa tema pelantikan Presiden AS tahun ini adalah America United.

Komite Pelantikan menambahkan: "Pada saat krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya dan perpecahan yang mendalam, America United mencerminkan awal dari perjalanan baru untuk memulihkan jiwa Amerika, menyatukan negara
, dan menciptakan jalan menuju masa depan yang lebih cerah. "

Sebagaimana dilansir BBC, pidato pembukaan biasanya diadakan sekitar pukul 11:30 waktu setempat. Sementara Joe Biden dan Kamala Harris akan mengucap sumpah pada tengah hari. Pada hari yang sama, setelah pelantikan, Joe Biden akan mulai menempati Gedung Putih dan ia akan mendiami tempat itu selama empat tahun ke depan.

Pelantikan presiden pada tahun ini tidak sama seperti periode sebelumnya. Hampir dipastikan tidak akan ada pengunjung yang memadati National Mall untuk menyaksikan acara pelantikan tersebut. Sebab, tim Biden menyerukan agar rakyat Amerika tidak datang ke ibu kota karena pelantikan digelar selama masa pandemi Covid-19.



Link Live Streaming Pelantikan Joe Biden

Pelantikan Joe Biden hari ini disiarkan langsung oleh setiap stasiun berita besar, selain itu dibagikan juga di platform seperti Facebook Live, Twitter, dan C-Span. Berikut link live streaming pelantikan Presiden AS:

Baca juga artikel terkait PELANTIKAN JOE BIDEN atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Politik)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight