Pedoman Cara Tepat & Aman Mengukur Tekanan Darah

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 16 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada pedoman yang tepat untuk melakukan cek tekanan darah.
tirto.id - Pedoman nasional dan internasional menawarkan instruksi spesifik untuk mengukur tekanan darah. Jika seorang dokter, perawat, atau asisten medis tidak melakukannya dengan benar, jangan ragu untuk memintanya melakukan pedoman tersebut.

Berikut adalah beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan agar pengukuran tekanan darah akurat dilansir dari Health.harvard.edu

Jangan minum minuman berkafein atau merokok selama 30 menit sebelum pengukuran tekanan darah. Duduk diam selama lima menit sebelum tes dimulai.

Selama pengukuran, duduklah di kursi dengan kaki di lantai dan lengan ditopang sehingga siku Anda setinggi jantung.

Manset harus diletakkan pada kulit yang telanjang, bukan di atas baju dan manset harus benar-benar menutupi setidaknya 80% dari lengan atas

Ukurlah tekanan darah dua kali, dengan istirahat singkat di antaranya. Jika hasilnya berbeda 5 poin atau lebih, lakukan pembacaan ketiga kalinya.

Dilansir dari laman Microlife.com. Anda dianjurkan melakukan hal-hal berikut ini sebelum melakukan cek tekanan darah:

  • Pilih lingkungan yang tenang.
  • Tunggu 2 jam setelah makan besar.
  • Hindari aktivitas sebelum pengukuran.
  • Kosongkan kandung kemih dan usus jika diperlukan.
  • Jika memungkinkan, jangan mengukur saat tidak nyaman atau stres.
Selama pengukuran tekanan darah berlangsung, usahakan untuk tidak berbicara, duduk dengan punggung tegak, tempatkan manset tekanan darah di lengan tengah (2-3 cm di atas siku),posisikan lengan setinggi jantung, kaki tidak menyilang, tempatkan telapak kaki rata di lantai.

Anda dapat mengukur tekanan darah sehari dua kali di pagi hari sebelum minum obat dan makan atau di malam hari sebelum tidur, mandi atau minum obat.


Saat tekanan darah berfluktuasi terus-menerus, lakukan setidaknya dua pengukuran setiap kali dan catat dengan tanggal dan waktu. Tunggu 1 menit di antara pengukuran

Secara umum, tekanan darah antara 160/100 mm Hg dan 179/109 mm Hg harus diperiksa ulang dalam dua minggu, sedangkan pengukuran antara 140/90 dan 159/99 harus diulang dalam empat minggu.

Orang-orang dalam kategori prehipertensi (antara 120/80 dan 139/89 mm Hg) harus diperiksa ulang dalam empat hingga enam bulan, dan mereka yang memiliki pembacaan normal (kurang dari 120/80 mm Hg) harus diperiksa ulang setiap tahun.

Baca juga artikel terkait TEKANAN DARAH atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight