PDSI Deklarasikan Berdirinya Organisasi Profesi Kedokteran Baru

Reporter: Farid Nurhakim - 27 Apr 2022 21:24 WIB
Dibaca Normal 1 menit
PDSI mendeklarasikan berdirinya organisasi profesi kedokteran baru yang diresmikan Kemenkumham di Jakarta, Rabu (27/4/2022).
tirto.id - Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) mendeklarasikan berdirinya organisasi profesi kedokteran baru di Jakarta, Rabu (27/4/2022). Ketua Umum PDSI adalah Brigjen TNI (Purn) Jajang Edi Prayitno. Jajang merupakan Staf Khusus Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Pada hari ini, Rabu, 27 April 2022, izinkan kami dengan kerendahan hati untuk mendeklarasikan berdirinya Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia sesuai dengan SK Kemenkumham No. AHU003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia,” tulis PDSI dalam siaran persnya, Rabu (27/4/2022).

Tujuan berdirinya perkumpulan ini, menurut Jajang, dalam memenuhi hak WNI dalam berserikat dan berkumpul yang dijamin Pasal 28 UUD 1945 selaku konstitusi tertinggi di NKRI. “Hak kami ini telah diejawantahkan dalam SK Kemenkumham tersebut di atas,” kata PDSI.

Masih melansir dari siaran persnya, visi PDSI yaitu menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi kesejawatan serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Kemudian misinya yaitu mengayomi dokter dengan bersinergi bersama rakyat dan pemerintah dengan membentuk organisasi yang profesional, meningkatkan taraf kesehatan rakyat Indonesia dan kesejahteraan anggota, serta mendorong inovasi anak bangsa di bidang kesehatan berwawasan Indonesia untuk dunia.

“Dengan demikian, PDSI berdiri atas cita-cita luhur para pendahulu di bidang ilmu kedokteran dengan mengutamakan nilai-nilai kebangsaan, kekeluargaan, sopan-santun, dan senantiasa mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran,” ujar PDSI.

Mereka berharap semoga PDSI dapat berkontribusi dalam dunia kesehatan pada umumnya dan dunia kedokteran pada khususnya. Mereka juga mengharapkan dukungan dari segenap pihak, khususnya rakyat Indonesia yang menjadi tujuan utama panggilan profesi mereka ini.

“Karena kami juga rakyat Indonesia, maka PDSI adalah dari, oleh, dan untuk rakyat,” sambung PDSI.

PDSI resmi menjadi organisasi profesi kedokteran selain Ikatan Dokter Indonesia (IDI). IDI sendiri telah ada di Indonesia sebagai organisasi profesi kedokteran sejak tahun 1950.


Baca juga artikel terkait PDSI atau tulisan menarik lainnya Farid Nurhakim


Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Maya Saputri

DarkLight