PDIP Klaim Elektabilitas Gibran Naik, Cawalkot Diumumkan 3 Maret

Oleh: Haris Prabowo - 19 Februari 2020
Hasto klaim elektabilitas Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution naik, tapi PDIP masih rahasiakan calon yang akan diusung.
tirto.id - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, memiliki tren elektoral yang meningkat beberapa waktu terakhir. Tak hanya Gibran, menantu Jokowi, Bobby Nasution juga diklaim naik elektabilitasnya.

Hal tersebut dikatakan Hasto usai pengumuman 49 calon kepala daerah yang diusung partai itu, Rabu (19/2/2020).

“Ada antusiasme bagi anak-anak muda [Gibran dan Bobby] untuk bergabung mendukung. Kalau dari survei memang Mas Bobby elektoralnya cenderung melejit," kata Hasto.

Hasto mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memang belum membuat keputusan final soal pencalonan keduanya di pilkada.

Walau demikian, kata dia, DPP PDIP akan terus menyiapkan pemetaan politik dan survei politik, untuk menjadi bahan bagi Megawati sebelum mengambil keputusan.

Kata Hasto, pada saatnya PDIP akan mengumumkan calon kepala daerah yang diusung untuk wilayah Solo dan Medan.

"Untuk Kota Solo, Bali dan Kota Makassar akan dilakukan secara terpisah. Kemudian Kota Medan dan Kota Surabaya akan diumumkan secara terpisah. Nanti ada beberapa gelombang. Ya gelombang yang baik," kata Hasto.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang "Pacul" Wuryanto, mengatakan pengumuman pengusungan calon kepala daerah dibagi menjadi empat tahap.

Tahap pertama diumumkan pada 19 Februari, tahap kedua pada 3 Maret, tahap ketiga pada 23 Maret, dan tahap terakhir belum ditentukan tanggalnya.

Bambang mengatakan Solo akan diumumkan pada 3 Maret mendatang.

"[Tahap] dua. Tanggal 3 Maret [pengumuman Solo]. Pasti," kata Bambang.


Baca juga artikel terkait PILWALKOT SOLO 2020 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Abdul Aziz
DarkLight