Pak Tirto
Ehm... Ehm... Izinkanlah saya menyanyikan "Ku Yakin Sampai di Sana", sebuah lagu indah, mahakarya, ciptaan siapa lagi kalau bukan junjungan kita semua, Bapak Susilo...
Ira Koesno
Debat putaran pertama selesai!

Mari kita sambut, seorang bintang RRI...
Pak Tirto
Pak Jokowi yakin tidak punya rekam jejak kekerasan, pelanggaran HAM? Kawan-kawan di Papua, Kendeng, dan Kulon Progo titip salam~

Kebocoran seperti apa nih, Pak Prabowo? Penghindaran pajak lewat perusahaan-perusahaan cangkang offshore? Kenal seseorang yang namanya tercantum di Panama Papers?
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kami bertekad menghentikan kebocoran, kami ingin meningkatkan tax ratio. Ini kesalahan kita sebagai bangsa. Ini salah elite yang membiarkan bertahun-tahun.
Joko Widodo
Cukup.
Ira Koesno
Ada hal-hal yang bisa diapresiasi dari paslon lawan malam ini?
Joko Widodo
Kami tidak punya potongan diktator atau otoriter. Kami tidak punya rekam jejak melanggar HAM. Kami tidak punya rekam jejak melakukan kekerasan. Kami juga tidak punya rekam jejak korupsi.

Kami tidak mau banyak bicara. Kami sudah paham permasalahan bangsa ini dan tahu apa yang harus dilakukan. Kami ingin kerja.
Pak Tirto
Nuansa
Nomina (n)

- variasi atau perbedaan yang sangat halus atau kecil sekali (tentang warna, suara, kualitas, dsb)

- kepekaan terhadap, kewaspadaan atas, atau kemampuan menyatakan adanya pergeseran yang kecil sekali (tentang makna, perasaan, atau nilai)
Ira Koesno
Mohon kedua paslon memberikan pernyataan penutup yang bernuansa menyejukkan.
Pak Tirto
mungkin
korupsinya
nggak
seberapa

...
...
...
Joko Widodo
...
...
...
Ma'ruf Amin
...
...
...
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Ini kan demokrasi. Kita umumkan aja ke rakyat. Kalau rakyat menghendaki dia mungkin karena dia punya kelebihan-kelebihan lain. Mungkin korupsinya juga nggak seberapa.
Ira Koesno
Engga~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Boleh saya jawab?
Joko Widodo
Gini lho~ Saya tidak menuduh partai bapak korupsi. Saya bilang, partai bapak menjadikan mantan koruptor sebagai caleg. Ada enam orang.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Itu mungkin menurut ICW, saya sih belum dapat laporan itu.

Kalau ada anggota partai Gerinda yang korupsi, saya yang akan masukan ke penjara!
Joko Widodo
Menurut ICW, partai yang bapak pimpin paling banyak mencalonkan mantan koruptor. Kan yang memilih dan menandatangani berkas caleg itu ketua umum partai.
Ira Koesno
Ayo sekarang gantian~
Joko Widodo
Kalau semua menteri sama semua ya malah buruk. Bagi saya itu justru baik, karena bisa saling kontrol. Kalau sudah disampaikan semua, biar saya memutuskan.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Menteri-menteri Bapak itu berseberangan. Ada yang mengatakan persediaan beras cukup, tetapi Menteri Perdagangan mengizinkan impor.
Pak Tirto
((BEBAN MASA LALU))
Joko Widodo
Saya tidak memiliki beban masa lalu, sehingga bekerjanya lebih enak. Kalau memang ada persoalan dan bukti yang kuat, ya jalankan saja mekanisme hukum.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Korupsi dan konflik kepentingan sangat erat hubungannya. Apakah bapak bisa menjamin bahwa pejabat-pejabat yang bekerja kepada Bapak tak punya kepentingan pribadi? Terutama pada komoditas gula, yang kebijakannya banyak menekan petani.
Ira Koesno
Seperti segmen sebelumnya, kali ini kedua paslon akan bertanya-jawab, tanpa kisi-kisi. Temanya korupsi.
Najwa Shihab
Hae~
Pak Tirto
Kalau keahlian saya numpang pasang foto selfie di baliho-baliho  keberhasilan orang lain gimana, Pak? Kebetulan cita-cita saya sejak kecil jadi menteri. Kalau bisa, menko.
Joko Widodo
Seharusnya kita tidak perlu mendiskriminasi berdasarkan latar belakang seseorang dalam memberikan jabatan: partai atau profesional. Yang penting kompeten dan rekrutmennya transparan.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Mengapa jabatan-jabatan penting diberikan kepada orang-orang partai?
Ma'ruf Amin
Rencana kami adalah reformasi hukum, termasuk penataan regulasi. Kami ingin regulasi yang memudahkan rakyat, membuka peluang untuk investasi dan UKM.
Sandiaga Salahuddin Uno
Masih banyak hukum yang tumpang-tindih. Bagaimana Bapak yang sudah 4 tahun bekerja meyakinkan masyarakat dan  meningkatkan investasi kalau tak ada kepastian hukum?
Pak Tirto
Hm, petugas partai. Bola panas, nih~
Sandiaga Salahuddin Uno
Saya bukan anggota Gerindra lagi, Pak, nggak bisa jawab. Kecuali kalau Bapak angkat lagi.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kami ini partai muda, partai baru, tapi sudah punya sayap partai Perempuan Indonesia Raya. Jumlah caleg perempuan kami mendekati 40%.
Joko Widodo
Dalam visi-misi, Bapak menyebutkan setiap kebijakan akan berperspektif gender dan pemberdayaan perempuan. Tapi di partai Bapak, jabatan-jabatan strategis semuanya laki-laki. Inkonsisten nih~
Ira Koesno
Kedua paslon silakan saling melemparkan pertanyaan. Kali ini tanpa kisi-kisi, tentunya.
Najwa Shihab
Pak Tirto
Biar yang lemah terus kami-kami ini aja, ya, Bor?
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Angkatan perang kita harus kuat, polisi kita harus kuat, intelijen kita harus kuat. Saya akan meningkatkan investasi di polisi, intelijen, angkatan perang, angkatan bersenjata kita.
Ma'ruf Amin
Deradikalisasi itu untuk mereka yang sudah terpapar, untuk mengembalikan ke jalan yang lurus. Kalau dia menyimpang karena paham agama yang menyimpang, kita akan doktrinkan agar lurus. Kalau disebabkan faktor ekonomi, sosial, pendekatannya adalah dengan memberi lapangan kerja.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Terorisme dalam negeri terjadi akibat rasa ketidakadilan, keputusasaan. Manakala kami memimpin, kami akan besar-besaran investasi dalam pendidikan, dalam kesehatan untuk membantu rakyat yang paling bawah. Kami akan bantu pesantren-pesantren, madrasah-madrasah, guru-guru.
Pak Tirto
(Meniruken Pak Prabowo): Dan waktu tua, spesialisasi saya adalah nyapres.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Waktu saya masih muda, spesialisasi saya adalah anti-teror.

Karena pengalaman saya itu, saya mengetahui, bahwa terorisme itu dari negara lain. Seringkali dibuat tersamar, seolah teroris itu orang Islam.
Pak Tirto
Organisasinya Pak Kiai sendiri? Memangnya bisa satu pandangan, begitu?
Ma'ruf Amin
Terorisme adalah kejahatan, harus diberantas ke akar-akarnya. Kami akan menekankan program kontraradikalisme. Kami juga akan melibatkan ormas-ormas, khususnya organisasi keagamaan.
Ira Koesno
Bagaimana strategi Anda untuk memberantas terorisme?
Pak Tirto
Gulag, gulag apa yang manis?

(Teman Pak Tirto yang WOTA): Cindy Gulag. Hehe~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kalau korupsi, kita taruh dia di pulau terpencil, suruh menambang pasir seumur hidup.
Ira Koesno
Bagaimana langkah-langkah Anda untuk mewujudkan birokrasi yang bebas dari Korupsi?
Joko Widodo
Saya pikir sih gaji ASN sudah memadai. Yang penting kita menjalankan merit system.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Penghasilan pegawai negeri dan aparat-aparat itu kurang. Kalau saya memimpin negara ini, saya akan naikkan penghasilan mereka. Sumbernya dari mana? Saya akan naikkan tax ratio.
Pak Tirto
Gerindra keluar uang berapa ya buat pasang iklan kacang garuda yang kaok kaok itu?
Joko Widodo
Waktu pemilihan gubernur di Jakarta, saya tidak mengeluarkan uang sama sekali. Pak Prabowo kan tahu.

(Musik Latar) Sepanjang jalan kenangan, kita s'lalu bergandeng tangan~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kita potong semua kebutuhan kampanye, misalnya di TV dan dunia maya. Jadi kita tidak perlu bayar mahal untuk tampil di TV.

Lalu, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp8 juta? Padahal dia
mengelola sebuah provinsi yang lebih besar dari Malaysia.
Joko Widodo
Rekrutmen harus dilakukan transparan, sederhana, berbasis kompetensi. Sehingga kita bisa memiliki pejabat publik yang berintegritas.

Anak saya tidak lolos :(
Ira Koesno
Untuk menduduki jabatan publik seringkali dibutuhkan biaya yang sangat tinggi. Sehingga setelah menduduki jabatan, perilaku korupsi kerap tidak terhindarkan. Apa solusi Anda untuk mengatasi politik berbiaya tinggi?
Pak Tirto
Kami? Wuih, akrab bener nih kayaknya!

(Teman Pak Tirto): Psst, nabi, bukan kami.

Untung bukan salah dengar ditegor jadi batagor. Hehe.
Ma'ruf Amin
Nabi sendiri pernah ditegor sama Allah...
Joko Widodo
Kami sudah menyediakan fasilitas umum yang ramah disabilitas.
Pada Asian Para Games 2018, bonus mereka sama dengan atlet-atlet yang berlaga di Asian Games.
Ira Koesno
Bagaimana Anda memahami isu disabilitas, dan apa program Anda buat memenuhi hak-hak kelompok disabilitas?
Ma'ruf Amin
...
...
...
Joko Widodo
Aset terbesar bangsa ini adalah persaudaraan, persatuan, kerukunan. Marilah kita menjaga ukhuwah wathoniyah kita.
Pak Tirto
Kawan-kawan sesama konglo bukan nech, Bor? Xixixi~
Sandiaga Salahuddin Uno
Di bawah Prabowo-Sandi, HAM akan kami tegakkan. Ini harga mati bagi kami. Hukum jangan buat memukul lawan, tapi melindungi kawan.
Ira Koesno
Indonesia adalah negara yang sangat beragam dari sisi agama, ras. Namun, dalam kenyataan masih banyak diskriminasi dan persekusi, dari sisi HAM, apa yang akan Anda laksanakan?
Pak Tirto
WQWQ MASHOOK
Joko Widodo
Jangan menuduh seperti itu, Pak Prabowo. Karena kita ini negara hukum. Jangan grasa-grusu. Jangan mengaku dianiaya, eh, ternyata operasi plastik.
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Ada kepala desa di Yogya mendukung kami, tapi ditangkap :(
Pak Tirto
Pak Jokowi tertarik ikut sekolah HAM di KontraS? Nanti saya bantu daftarkan.
Ma'ruf Amin
Ah, cukup...
...
...
...
Joko Widodo
Penindakan hukum yang sesuai dengan prosedur itu bukan pelanggaran HAM. Mungkin Pak Kiai ada tanggapan?
Ma'ruf Amin
...
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kami tidak lihat perbedaannya...
Joko Widodo
Kami berbeda dari Pak Prabowo dan Pak Sandi. Harus ada harmonisasi berbagai tingkat. Kami akan gabungkan semuanya dalam Pusat Legislasi Nasional, langsung dikontrol oleh Presiden.
Sandiaga Salahuddin Uno
Kepastian hukum bisa menghadirkan keadilan. Bukan hanya untuk orang kaya, tapi semua orang. Kami akan memastikan pekerjaan besar ini dipimpin oleh pemimpin utama, yaitu presiden dan wakil presiden.
Ira Koesno
Banyak peraturan perundang-undangan yang tumpang tindih. Apa yang akan Anda lakukan?
Pak Tirto
Kayak UTS aja ya pakai kisi-kisi. Hehe.
Ira Koesno
Pertanyaan yang kisi-kisinya sudah dibagikan berikut cuma pemantik. Silakan, silakan~
Pak Tirto
Halah, tongkol...
Sandiaga Salahuddin Uno
Bersama Prabowo-Sandi kita akan tegakkan hukum, dan pastikan tidak ada korupsi lagi.
Pak Tirto
Hm, setelah menguasai sumber daya, paling yang untung elite lagi elite lagi. Kang tambal ban ya tetep aja nambal ban~
Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Kami ingin menyelesaikan masalah HAM dan hukum dari muara masalah. Ciri khas negara yang berhasil harus swasembada pangan. Kita harus cukup uang untuk menjamin kualitas hidup.
Kita harus gaji hakim kita begitu hebat, begitu juga polisi. Sehingga dia tidak korupsi.
Pak Tirto
Lima tahun ke mana aja, Bor? Kasus Munir dan Semanggi kapan tuntas?
Joko Widodo
Kita masih punya beban pelanggaran HAM masa lalu. Memang bukan masalah mudah. Karena masalah kompleksitas hukum, masalah pembuktian, dan waktu yang terlalu jauh. Tapi hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Hukum harus ditegakkan, tanpa pandang bulu!
Pak Tirto
Mbak Nana anak rental, ya?
Najwa Shihab
Err, Pak, kita salah kostum, nih. Mestinya cosplay Bloody Roar, bukan Final Fantasy VII.
Pak Tirto
Hayo, baku belah sudah!