PBSI Target Semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019

Oleh: Oryza Aditama - 19 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
“Untuk fase grup kami yakin bisa lolos. Target sendiri ingin ke semifinal dulu, mudah-mudahan bisa lebih,” ujar Susi Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.
tirto.id - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menargetkan lolos ke semifinal Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 (BAMTC 2019) atau dikenal juga dengan sebutan Tong Yun Kai Cup. Turnamen ini bakal bergulir mulai Selasa (19/3/2019) hingga Minggu (24/3/2019) di Queen Elizabeth Stadium Hong Kong.

“Untuk fase grup kami yakin bisa lolos. Target sendiri ingin ke semifinal dulu, mudah-mudahan bisa lebih,” terang Susi Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, dikutip dari laman PBSI.

Susi yang pernah menyabet medali emas Olimpiade 1992 itu juga menyebutkan jika kekuatan lawan yang akan dihadapi tim Merah Putih boleh dibilang cukup merata. Pertarungan kemungkinan akan mulai berjalan seru saat sudah masuk babak perempat final.

“Soal peluang dilihat dari kekuatan lawan bisa dibilang merata. Mungkin baru lebih ramai setelah masuk ke perempat final,” ujar Susi.

Tim Indonesia dijadwalkan bakal melawan Sri Lanka, hari Selasa (19/3). Lalu dua hari kemudian, Kamis (21/3) akan meladeni tim Thailand. Susi pun menggaris bawahi jika komposisi pemain yang ia bawa ke Hong Kong tidak menggambarkan tim terbaik Indonesia, lantaran mesti mempertimbangkan padatnya jadwal turnamen internasional.

“Pertama nanti akan ketemu Sri Lanka lalu Thailand. Kami mau kejar itu dulu. Memang tim yang dibawa bukan tim inti, karena tujuan kami di turnamen ini adalah mencari poin buat para atlet. Sama juga dengan negara lain yang tidak membawa tim inti. Di tengah padatnya jadwal pertandingan, kami harus bisa memilah dan memilih turnamen yang sesuai kebutuhan,” tambahnya.



Untuk gelaran BAMTC tahun 2019 ini, Indonesia tergabung ke dalam Grup C bersama tim Sri Lanka dan Thailand. Pertandingan fase grup akan menggunakan sistem round-robin, sementara dua tim teratas akan lolos ke perempat final.

Berikut daftar lengkap pembagian grup di ajang BAMTC 2019 atau Tong Yun Kai Cup 2019.
  • Grup A: Jepang, Hong Kong
  • Grup B: Taiwan, India, Singapura
  • Grup C: Indonesia, Thailand, Sri Lanka
  • Grup D: Cina, Malaysia, Macau

Baca juga artikel terkait BAMTC 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus