PBNU Protes karena Jokowi Pilih Fachrul Razi Jadi Menteri Agama

Oleh: Haris Prabowo - 23 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Robikin mengklaim banyak kiai NU yang protes terhadap menteri agama pilihan Joko Widodo.
tirto.id - Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengklaim banyak pihak yang protes karena Presiden Joko Widodo pilih Fachrul Razi sebagai menteri agama Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Rata-rata, kata Robikin, yang mempermasalahkan adalah para kiai NU.

“Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait menteri agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," kata Robikin lewat keterangan pers yang diterima wartawan Tirto, Rabu (23/10/2019) sore.

Robikin mengatakan, para kiai paham bahwa Kementerian Agama harus menjadi garda terdepan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama.

Robikin menambahkan, para kiai sudah lama merisaukan fenomena terjadinya pendangkalan pemahaman agama yang ditandai merebaknya sikap intoleran.

“Lebih tragis lagi, bahkan sikap ekstrem dengan mengatasnamakan agama. Semua di luar kelompoknya kafir dan halal darahnya. Teror adalah di antara ujung pemahaman keagamaan yang keliru seperti ini,” kata Robikin.

Robikin menilai, karena kondisi dan daya destruksi yang diakibatkan tersebut, maka secara kelembagaan sudah jauh-jauh hari, NU secara tegas mengingatkan bahaya radikalisme itu.

Menurut Robikin, NU menyatakan Indonesia sudah kategori darurat radikalisme, di samping darurat narkoba dan LGBT.

“Namun para kiai tak habis mengerti terhadap pilihan yang ada,” kata Robikin, tanpa menjelaskan lebih jauh pilihan apa yang dimaksud.

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Jenderal (Purn) Fachrul Razi menjadi Menag di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi pun meminta Fachrul Razi untuk membereskan masalah radikalisme.

“Ini urusan [Menag] berkaitan dengan radikalisme, ekonomi umat, industri halal saya kira, dan terutama haji berada di bawah beliau,” ujar Jokowi saat mengenalkan Menteri Indonesia Maju di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Biasanya, posisi menag memang selalu dijabat tokoh yang berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), khususnya dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, kali ini Jokowi memilih menteri agama yang sosoknya berasal dari kalangan militer.

Fachrul Razi merupakan mantan Wakil Panglima TNI.

Selama Pilpres 2019, Fachrul Razi menjabat sebagai Ketua Tim Bravo-5. Tim ini berisikan purnawirawan TNI yang mendukung Jokowi melalui Tim Bravo-5. Tim ini dibentuk Luhut Binsar Panjaitan, purnawirawan TNI yang aaat ini menjabat Menko Kemaritiman.


Baca juga artikel terkait KABINET INDONESIA KERJA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Abdul Aziz
DarkLight