Parlemen Desak Kemenlu Keluarkan Travel Warning ke Wuhan Cina

Oleh: Haris Prabowo - 24 Januari 2020
DPR dan MPR menilai peringatan perlu dikeluarkan menyusul penyebaran corona di Wuhan.
tirto.id - Komisi I DPR RI mendesak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk segera mengeluarkan peringatan atau travel warning bagi warga negara Indonesia ke Wuhan, Cina.

Anggota Komisi I DPR Willy Aditya mengatakan hal itu perlu dilakukan seiring dengan merebaknya virus corona di wilayah tersebut. Namun menurutnya peringatan itu tidak perlu dikeluarkan ke wilayah lain di Cina.

"Begini, China kan luas ya, pemerintah setempat juga pasti sudah melakukan tindakan khusus terkait merebaknya virus itu di sana, entah isolasi dan sebagainya. Jadi untuk Wuhan saya kira travel warning perlu, sementara untuk Beijing atau Shanghai itu kan jauh jaraknya dari Wuhan," kata Willy saat ditemui di DPR RI, Jumat (24/1/2020).

"Demikian juga Hongkong misalnya itu juga jauh dari Wuhan jadi saya kira tidak perlu ada travel warning," katanya.

Willy mengapresiasi gerak cepat Kementerian Kesehatan dan Imigrasi untuk mengantisipasi penyebaran corona ke dalam negeri.

"Selebihnya saya kira itu terkait kesigapan pihak-pihak di dalam negeri untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya suspect yang terkena virus ini," kata dia.

Desakan serupa juga disampaikan Wakil Ketua MPR Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Ia menilai pemberlakuan travel warning hanya untuk wilayah-wilayah tempat mewabahnya virus Corona.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight