Parasite Wakili Korea Selatan dalam Nominasi Piala Oscar 2020

Oleh: Maria Ulfa - 23 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Korea Selatan memilih film Parasite di Piala Oscar 2020.
tirto.id - Dewan Film Korea atau The Korean Film Council (KOFIC) mengumumkan pada Selasa (20/8/2019) bahwa mereka telah memilih Parasite sebagai nominasi untuk Film Asing Terbaik di Piala Oscar 2020.

Dewan yang dikelola negara tersebut mengatakan alasan mereka memilih Parasite karena pencapaian Parasite dalam Palme d'Or di Festival Film Cannes tahun ini, serta reputasi sutradara Bong Joon Ho dan kualitas artistik dan sinematis yang ditampilkan dalam Parasite, demikian seperti dikutip The Korea Herald.

Untuk kategori film non-Inggris, masing-masing negara memang mengajukan satu film sebagai perwakilan resmi mereka, dan film ini nantinya akan bersaing untuk memenangkan lima kategori berbeda lainnya. Tetapi, sejauh ini, belum ada film Korea yang dinominasikan untuk kategori International Prize dalam Piala Oscar.

Sementara, sebagai distributor Parasite di Amerika Utara, Neon telah menetapkan tanggal rilis Parasite di Amerika Serikat, yakni pada 11 Oktober 2019 dalam langkah nyata untuk memposisikan film ini sebagai pesaing utama dalam kategori film internasional dari Piala Oscar ke 92 yang akan digelar pada 9 Februari 2020 mendatang.

Nominasi akhir untuk Piala Oscar atau The Academy Awards 2020 akan diumumkan pada bulan Januari 2020. Parasite merupakan film persilangan antara komedi dan thriller dengan membahas pembagian kelas ekonomi yang mencolok antara dua keluarga dengan cara yang gelap tetapi juga lucu.


Film ini mengisahkan tentang interaksi tak terduga antara dua keluarga, yakni keluarga Gi Taek (Song Kang Ho) dan keluarga Tuan Park (Lee Sun Gyun). Film ini disutradarai sekaligus ditulis oleh Bong Joon Ho.

Pada 12 Agustus 2019, salah satu pemeran Parasite, Song Kang Ho menerima penghargaan Excellence Award dalam ajang Locarno International Film Festival yang dihelat di Palexpo, Locarno, Swiss, demikian seperti dikutip Soompi.

Song Kang Ho menjadi aktor Asia pertama yang memenangkan kategori tersebut berkat aktingnya di dalam film Parasite.

Parasite juga menjadi film ke-26 yang mencapai 10 juta penonton dalam penjualan tiket di Korea Selatan. Selain Parasite, tahun ini, sudah ada 4 film yang tayang di Korea Selatan dan berhasil meraih 10 juta penonton, yakni Extreme Job, Avengers: End Game dan Aladdin.

Parasite juga menjadi film kedua Bong Joon Ho yang berhasil meraih 10 juta penonton, setelah film The Host yang tayang pada 2006 lalu.

Pada 1 Juli 2019, Parasite resmi mengukuhkan diri sebagai film Korea terlaris sepanjang masa di Vietnam, mengalahkan film Train to Busan yang tayang pada 2016 lalu.

Tidak hanya itu, per 14 Juli 2019, Parasite juga berhasil menjadi film Korea terlaris sepanjang masa di Indoensia dengan jumlah penayangan lebih dari 380 ribu penonton,

Baca juga artikel terkait FILM KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
DarkLight