Pansus DPRD DKI Targetkan Pemilihan Wagub Usai Agustus 2019

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 20 Mei 2019
Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI, Bestari Barus, memberikan target atas pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan posisi Sandiaga Uno.
tirto.id - Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan posisi Sandiaga Uno ditargetkan pada awal Agustus, hal ini diungkapkan Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI, Bestari Barus.

"Ya, sekitar Agustus awal sudah pemilihan. Itu targetnya," kata Bestari saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, pada Senin (20/5/2019).

Bestari, yang juga merupakan Ketua Fraksi Nasdem, melangsungkan rapat perdana pansus yang digelar siang tadi (20/5/2019). Dalam rapat perdana tersebut, Ketua Pansus, Mohamad "Ongen" Sangaji yang juga merupakan Ketua Fraksi Hanura, tidak menghadiri rapat perdana.

Bestari berharap agar pemilihan tersebut dapat rampung sebelum pergantian anggota DPRD. Namun, jika memang belum juga rampung, maka pemilihan tersebut bisa dilanjutkan oleh anggota baru.

"Boleh dilanjutkan oleh anggota yang baru, gak ada masalah, yang penting itu kan Gubernur ini ingin pemilihan wagub ini cepat," kata Bestari.

"Kami juga ingin ini cepat. Dalam tiga bulan sisa masa jabatan ini saya rasa waktunya cukup," tambahnya.

Pembentukan pansus ini sudah direncanakan sejak Maret 2019. Tepatnya setelah PKS dan Gerindra resmi bersepakat mengusulkan nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sebagai kandidat Cawagub DKI pada 22 Februari lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pembentukan pansus tersebut sebagai langkah yang positif. Ia berharap agar DPRD DKI bisa segera menyepakati jadwal-jadwal untuk membuat rapat, agar bisa segera disahkan.

"Mudah-mudahan nanti segera bisa disepakati timeline-nya agar DPRD bisa bersidang untuk menentukan calon, seperti yang mekanisme yang ada di aturan perundangan," kata Anies saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Selasa (14/5/2019).


Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Maya Saputri