PAN Sudah Konsultasi dengan Amien Rais Soal Berkoalisi atau Oposisi

Oleh: Bayu Septianto - 20 Oktober 2019
Zulkifli mengklaim dirinya sudah berbicara dengan Amien Rais, tetapi ia tetap merahasiakan apa keputusan yang akan diambilnya nanti.
tirto.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan dirinya telah diberikan mandat dalam forum rapat koordinasi partainya untuk menentukan sikap akan bergabung dengan koalisi pemerintah atau tetap menjadi oposisi. Namun, Zulkifli tetap harus berkonsultasi dengan Dewan Kehormatan yang dipimpin Amien Rais.

"Kami rapat pleno kemarin rapat koordinasi dihadiri 30 lebih wilayah memberikan mandat ketua umum penuh untuk mengambil keputusan strategis dengan nanti tentu saya berkonsultasi dengan dewan kehormatan," ujar Zulkifli di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Zulkifli mengklaim dirinya sudah berbicara dengan Amien Rais, tetapi ia tetap merahasiakan apa keputusan yang akan diambilnya nanti.

"Ya itu untuk saya dong bukan untuk kalian," ucapnya.

Ditanya soal keinginan kadernya, Zulhas malah mengatakan ia mengajak masyarakat untuk bersatu dan mendoakan agar Jokowi di periode keduanya bisa lebih sukses.

"Pilpres sudah selesai bersatu bersama-sama untuk mensukseskan agar rakyat lebih sejahtera. Udah titik cukup," pungkas Zulhas.

Dari sejumlah partai yang berseberangan dengan koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf, sejauh ini baru PKS yang sudah tegas menyatakan menjadi oposisi. Sementara Gerindra tidak tegas menentukan berkoalisi atau oposisi. Dalam Rakernas yang berlangsung pekan ini, Gerindra menyerahkan keputusan kepada Presiden Joko Widodo.


Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight