PAN DKI Desak Anies Segera Salurkan Bansos Tunai

Oleh: Riyan Setiawan - 16 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sudah 14 hari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, namun belum ada bantuan sosial yang diterima masyarakat.
tirto.id - Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mempercepat penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Desakan ini disampaikan lantaran sudah 14 hari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, namun belum ada bantuan sosial yang diterima masyarakat.

"Kami meminta agar pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat penyaluran BST KPM. Pasalnya sudah 14 hari pasca pemberlakuan PPKM Darurat masyarakat belum mendapatkan bantuan dari Pemprov," kata Zita melalui keterangan tertulisnya, Jumat (16/7/2021).

Wakil Ketua DPRD DKI itu menuturkan masyarakat sangat membutuhkan BST dari pemerintah untuk membiayai kehidupan mereka. Sebab masih banyak warga yang belum kembali bekerja dan memiliki penghasilan akibat pandemi COVID-19, ditambah lagi saat ini ada PPKM Darurat.

Zita mengapresiasi kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang sudah menyiapkan anggaran senilai Rp623 miliar untuk sekitar 1,1 juta kepala keluarga (KK) yang sudah terdaftar terdampak pandemi COVID-19. Sementara sisanya 700.000 KK sisanya akan menjadi tanggungan pemerintah pusat karena tidak semua daerah sanggup menyiapkan BST untuk masyarakatnya.

Lebih lanjut, PAN berharap penyaluran BST berlangsung secara berkesinambungan sampai situasi ekonomi membaik dan pandemi berakhir.

"Karena BST ini juga bisa menahan lonjakan angka kemiskinan di Jakarta," pungkasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikabarkan telah menyiapkan anggaran bantuan sosial (bansos) tunai dengan nilai mencapai Rp623 miliar.

Bansos tunai bersumber dari dana APBD DKI Jakarta, disalurkan melalui rekening Bank DKI sebesar Rp300 ribu perbulan. Dikarenakan langsung dua tahap, Mei dan Juni, maka total uang yang diterima sebesar Rp600 ribu yang akan dibagikan pada Juli 2021 dalam bentuk kartu tabungan dan Kartu ATM Bank DKI.

Warga yang akan menerima bansos tunai yaitu:
- Terdaftar sebagai penerima bantuan sosial sembako tahun 2020 hasil pembaruan dan pemadanan data Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta
- Tidak termasuk penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
- Dana BST akan langsung dikirimkan ke rekening penerima BST sekitar minggu ke 3 bulan Juli 2021
- Menerima undangan maksimal H-1 pelaksanaan dari petugas wilayah yang ditunjuk
- Apabila tidak hadir sesuai jadwal pertama, akan dijadwalkan kembali pada undangan kedua hingga undangan ketiga setelah distribusi tahap pertama selesai di 5 wilayah DKI Jakarta & Kepulauan Seribu.



Baca juga artikel terkait BANSOS TUNAI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight