Pakai Skema KPBU, Menhub Yakin Proyek KA Makassar-Parepare Tuntas

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 5 April 2019
Budi Karya Sumadi optimistis proyek Kerta Api Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan tidak akan mangkrak.
tirto.id - Menteri Perhuhungan Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan jalur rel kereta api Makassar-Parepare tidak akan mangkrak.

"Tidak ada lagi proyek mangkrak. Bisa dipastikan ini proyek terukur. Bisa dipastikan usaha ini bisa berjalan dengan baik," kata Budi di Ruang Majapahit, Gedung Karsa Kementerian Perhubungan, Jumat (5/4/2019).

Budi menyatakan hal itu setelah Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub} meneken Perjanjian Kerja sama Penyelenggaraan Prasarana Perkeretaapian Umum Makassar – Parepare dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), pada hari ini.


Kontrak itu melibatkan PT Celebes Railway Indonesia (CRI) selaku badan usaha yang menggarap proyek ini. Sementara PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) menjadi penyedia penjaminan pemerintah.

Nilai investasi proyek kereta api di Sulawesi Selatan yang ditekan dalam kontrak itu adalah Rp2,1 triliun.

Menurut Budi, proyek ini merupakan sejarah bagi RI karena untuk pertama kalinya pembangunan jalur kereta api yang ditangani Kemenhub dilakukan dengan skema KPBU.

"Bagi Kemenhub memang pertama kali, tetapi pertama kali ini," jelas dia.

Dia berencana menerapkan pengerjaan proyek dengan skema KPBU ini di proyek-proyek lain di Kemenhub. Menurut Budi, skema KPBU membantu pemerinta melakukan efisiensi anggaran.

"Kami akan melanjutkan di beberapa tempat karena ini baru pasaran nanti di tempat lain dan setelah itu kita akan ke udara, darat, laut supaya bisa dimanfaatkan," ujar dia.


Baca juga artikel terkait PROYEK KERETA API atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Addi M Idhom