Pagar Tribune JIS Roboh, Anies: Semangat Jakmania Luar Biasa Tinggi

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 25 Jul 2022 08:17 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pagar penonton tribune utara JIS roboh sebelum pertandingan antara Persija melawan klub bola asal Thailand, Chonburi FC pada Minggu (24/7/2022).
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pagar Jakarta Internasional Stadium (JIS) roboh lantaran euforia The Jakmania, suporter Persija yang menonton klub kesayangannya.

Pagar penonton tribune utara JIS roboh sebelum pertandingan antara Persija melawan klub bola asal Thailand, Chonburi FC sekitar pukul 17.30 WIB, Minggu (24/7/2022).

"Soal pagar saya rasa semangatnya [Jakmania] luar biasa tinggi, dan ini kali pertama digunakan," kata Anies di JIS, Jakarta Utara, Minggu.


Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Widi Amanasto. Dia mengaku bangga dengan semangat dari suporter klub sepakbola asal Ibu Kota tersebut.

"Mengenai pagar roboh, antusiasme dari Jakmania luar biasa, kami bangga," kata Widi.

Jakpro akan mengecek kembali kekuatan dari bangunan JIS dan mengevaluasinya. "Kami akan melihat kekurangan ini untuk evaluasi ke depan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum The Jakmania Dicky Soemarno menuturkan pagar pembatas tribune yang roboh bukan ulah Rojali (Rombongan Jak liar).

Jakmania membatasi undangan bagi 40.000 anggotanya. Sedangkan anggota aktif Jakmania saat ini mencapai 102.768 orang.

“Jadi Rojali enggak ada, itu semua anggota kami. Kenapa bisa gitu? betul, antusianya teman-teman [Jakmania] luar biasa,” kata Dicky.

Dicky meminta Jakpro mengevaluasi dan menyiapkan berbagai hal terkait keamanan penonton di dalam JIS.


Dia bersyukur insiden robohnya pagar tribune terjadi saat peresmian JIS, bukan saat pertandingan liga. Sebab, apabila kejadian itu terjadi pada saat liga bergulir, Persija Jakarta bakal kena denda.

Dicky membandingkan kondisi JIS dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang memiliki fasilitas keamanan lebih lengkap untuk pemandu suporter (Capo) di atas pagar tribune.

"Artinya, banyak hal yang harus disiapkan, kalau di tempat lain, katakanlah di GBK sudah ada stagger buat capo-nya nyanyi segala macem. Kalau di sini [JIS] kan belum ada," kata dia.


Baca juga artikel terkait STADION JIS atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight