Pac Man di Google Doodle Hari Ini & Asal Mula Populernya Game 80-an

Oleh: Yulaika Ramadhani - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Game Google Doodle populer yang dihadirkan hari ini adalah permainan Pac Man, bagaimana asal mulanya?
tirto.id - Google mengajak masyarakat untuk tetap di rumah saja dengan menghadirkan serangkaian game atau permainan populer melalui doodlenya pada halaman utama pencarian sejak Senin (27/4/2020) hingga beberapa hari ke depan.

Game Google Doodle populer yang dihadirkan hari ini, Jumat (8/5/2020) adalah permainan Pac Man. Pengguna Google dapat memainkan game Pac-Man dengan meng-klik Doodle.

Pengguna kemudian akan dibawa menuju hasil pencarian game Google Doodle populer. Game Pac-Man ini bisa dimainkan dengan menggerakan tombol navigasi seperti atas, bawah, kiri dan kanan.

Pac-Man mulai dikembangkan Namco Bandai Games pada 1980. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco.

Pada game tersebut, karakter utama memakan bintik-bintik putih atau "kue" sambil menghindari musuh yang mengejar di labirin. Game Pac-Man yang dibuat di Jepang itu dikenal penjuru dunia, terdiri dari karakter utama berbentuk bulat kuning dengan mulut besar yang memakan bintik-bintik putih.

Pada game ini, pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man.

Pac-Man dianggap sebagai salah satu permainan video klasik. Game yang merupakan salah satu ikon tahun 1980-an ini digemari baik pria maupun wanita dibandingkan dengan permainan arkade lainnya.

Sebagaimana dikutip Antara, video game Pac-Man kini menjadi koleksi permanen Museum of Modern Art di New York, tempat yang dianggap "hall of fame" dalam dunia seni. Pac-Man bersama 13 game lain termasuk Tetris akan menjadi video game pertama yang jadi koleksi museum tersebut, seperti dikutip dari laman Asahi Shimbun.


Hingga beberapa hari yang akan datang Google akan meluncurkan kembali sejumlah game doodle lawas sebagai salah satu cara menyemangati orang-orang yang terdampak oleh pandemi COVID-19 ini.

“Seiring COVID-19 terus memengaruhi komunitas di seluruh dunia, orang dan keluarga di mana pun menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Sehubungan dengan ini, kami meluncurkan seri Doodle throwback sambil melihat kembali beberapa game Google Doodle interaktif populer kami!” tulis Google dalam laman resmi Google Doodle.

Game pertama yang muncul dalam serial ini ialah ‘Coding’ yang menjadi hit di tahun 2017 lalu yang saat itu dibuat untuk merayakan Kids Coding yang ke-50 tahun. Game kedua yang dihadirkan adalah Kriket, selanjutnya menyusul game Fischinger dan Scoville.


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE HARI INI atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight