Overnight Mask: Kenali Fungsi dan Cara Penggunaannya

Oleh: Yonada Nancy - 18 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat masker wajah saat tidur yaitu membantu proses regenerasi sel-sel kulit.
tirto.id - Overnight mask atau sleeping mask, menjadi salah satu item penting dalam jajaran produk perawatan kulit bagi banyak orang. Sesuai dengan namanya, pengaplikasian overnight mask dilakukan semalaman. Inilah yang membedakannya dengan mud mask dan clay mask yang harus segera dibersihkan beberapa menit setelah penggunaan di kulit.

Dilansir dari Healthline, overnight mask dirancang mampu menembus kulit lebih dalam saat tidur. Karena formulanya tidak mudah menguap, overnight mask mampu bekerja efektif dalam waktu yang lebih lama. Masker ini juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari kotoran dan debu agar tidak masuk ke pori-pori.

"Ini dirancang untuk bertahan lebih lama di wajah Anda, (menjadikannya) lebih kuat, dan memberikan hasil yang ampuh sepanjang malam, seperti menghidrasi dengan intens, mencerahkan, dan menenangkan," kata Dr. Dendy Engelman, ahli bedah dermatologis seperti yang dikutip dari Healthline.

Fungsi overnight mask

Overnight mask diaplikasikan pada malam hari bukan tanpa alasan. Studi yang dipublikasikan pada tahun 2013 menyebutkan bahwa sel-sel kulit mereplikasi dan mereproduksi pada malam hari, yakni sekitar pukul 10 malam hingga 2 pagi. Sehingga menggunakan overnight mask selama malam hari, sama dengan membantu proses regenerasi sel-sel kulit.

Selain itu, overnight mask membantu kulit tetap terhidrasi sepanjang malam. Fungsi ini diklaim mampu membantu proses peremajaan kulit hingga mencegah kerutan pada kulit. Overnight mask dapat digunakan sebagai hidrasi tambahan saat musim kering atau pada jenis kulit kering yang sensitif.

Berbeda dengan night cream

Meskipun sama-sama efektif digunakan pada malam hari, overnight mask berbeda dengan night cream atau krim malam. Melansir Dermstore, night cream memiliki tekstur yang lebih tebal dan formula yang lebih berat. Pada dasarnya, night cream merupakan day cream atau krim siang dengan kandungan yang sedikit berbeda.

Dr. Toral Patel, seorang dermatologis asal Chicago menyebutkan bahwa baik overnight mask dan night cream dapat digunakan secara beriringan. Ia menyebutkan bahwa kedua produk perawatan kulit ini mampu meningkatkan rejimen malam dan membantu mengatasi tanda-tanda penuaan.

Penggunaan overnight mask

Pada dasarnya, overnight mask dapat digunakan langsung setelah membersihkan wajah. Namun, pada prosedur perawatan kulit yang lebih kompleks, terdapat produk-produk lain yang setidaknya lebih baik digunakan sebelum mengaplikasikan overnight mask.

Dilansir dari Loreal, overnight mask dapat digunakan setelah kulit menyerap serangkaian produk seperti toner, pelembab atau moisturizer, dan serum. Overninght mask juga dapat diaplikasikan bersamaan dengan produk bibir maupun mata seperti krim dan serum.


Baca juga artikel terkait OVERNIGHT MASK atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora
DarkLight