Advertorial

Otocare: Sebab yang Anda Butuhkan Bukan Hanya Perlindungan

Oleh: Advertorial - 25 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pelbagai kebutuhan manusia modern, termasuk dalam hal berkendara, senantiasa menuntut layanan yang serba ringkas sekaligus informatif
tirto.id - U.S. Census Bureau mencatat 1 Februari 1898 sebagai hari penting dalam sejarah bisnis asuransi mobil. Polis pertama senilai $12,25 dibeli oleh Truman J. Martin, seorang dokter di Buffalo, New York. Martin yang biasa wara-wiri mengunjungi pasien waswas mobilnya menabrak atau ditabrak kuda. Waktu itu, jumlah mobil di Amerika Serikat tak sampai 4 ribu unit, jauh lebih sedikit dari jumlah kuda yang mencapai 18 juta ekor.

Versi lain menyatakan bahwa pelopor pembelian polis asuransi mobil di dunia adalah Gilbert J. Loomis, seorang mekanik dari Westfield, Massachusetts. Dia membeli polis asuransi Traveller’s Insurance Co. (perusahaan asuransi yang sama dengan Martin) senilai $7,50 untuk melindungi mobil rakitannya sendiri, sekira 16 bulan lebih dulu ketimbang sang dokter.

Lepas dari perkara mana versi yang paling benar, catatan-catatan itu menunjukkan bahwa dalam perannya untuk melindungi, asuransi mobil sudah dikenal sejak lebih dari 100 tahun silam. Para penggunanya mengerti: di jalanan, risiko selalu ada, tetapi ia dapat diantisipasi.

Perkembangan industri asuransi mobil segendang-sepenarian dengan perkembangan industri mobil, yang kini telah menjadi salah satu industri pokok dalam kehidupan masyarakat modern. Tak terkecuali di Indonesia.

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyatakan pembelian premi asuransi kendaraan bermotor pada 2017 mencapai Rp17,5 triliun atau tumbuh 7,1% dari tahun sebelumnya. Capaian positif tersebut tak dapat dilepaskan dari catatan penjualan kendaraan bermotor. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan grosir kendaraan roda empat sepanjang 2017 mencapai 1.079.308 unit—lebih tinggi dibandingkan catatan penjualan grosir pada 2016, yakni 1.062.716 unit. Seiring peningkatan jumlah mobil di jalanan, kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan karena human error tentu turut meningkat, dan asuransi pun jadi kian vital.

Infografik Advertorial Astra


Sejak meluncurkan produk asuransi mobil Garda Oto pada 1995, Astra turut berperan dalam mengubah—dan oleh sebab itu menjadi acuan—industri asuransi kendaraan bermotor di Indonesia. Pada tahun 2000, misalnya, Astra memperkaya layanan dengan menyediakan Garda Akses 24 jam bagi para pelanggan yang membutuhkan informasi produk. Astra juga menawarkan Garda Siaga untuk melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan darurat di jalanan.

Bersama perkembangan teknologi digital dan perubahan gaya hidup masyarakat modern, daftar layanan yang disediakan Astra sejak 18 tahun lalu berevolusi menjadi aplikasi Garda Mobile Otocare. Kompak dan mudah digunakan, aplikasi ini tak sebatas menawarkan atau mengabarkan berbagai hal tentang produk asuransi, namun juga memudahkan aktivitas berkendara sehari-hari secara komprehensif.

Dengan slogan “peace of mind in your pocket”, Garda Mobile Otocare yang dapat digunakan siapa saja, termasuk yang bukan klien Garda Oto, ini menawarkan fitur-fitur penting seperti pengingat jatuh tempo polis ansuransi, servis berkala mobil, tanggal jatuh tempo SIM dan STNK, serta estimasi biaya bahan bakar harian.

Saat terjebak dalam kondisi darurat, para pengguna aplikasi Garda Mobile Otocare dapat memanfaatkan fitur “Near Me” untuk memperoleh informasi tentang keberadaan fasilitas umum penting terdekat seperti kantor cabang Asuransi Astra, Garda Center, rumah sakit, apotek, supermarket, SPBU, bengkel rekanan Astra, juga kantor polisi.

Menyadari pentingnya konektivitas dan informasi pada masa kini, Garda Mobile Otocare juga menyediakan fitur “Friends” untuk menghubungkan Anda dengan orang-orang dalam hidup Anda, serta menyediakan fitur “Knowledge” untuk menambah pengetahuan seputar urusan berkendara.

Ada pula fitur “Event” yang menawarkan informasi tentang acara-acara otomotif,. Dengan mengunduh aplikasi Garda Mobile Otocare, Anda juga bisa mendapat manfaat lain yang tak kalah mengasyikan: mendapat diskon dari dari produk rekanan lain yang bermitra dengan Astra—di antaranya Berrybenka dan Zalora.

Pelbagai kebutuhan manusia modern, termasuk dalam hal berkendara, senantiasa menuntut layanan yang serba ringkas sekaligus informatif. Mulai saat ini, tuntutan itu dapat dipenuhi Garda Mobile Otocare dari ponsel pintar Anda.
Artikel Lanjutan