Oscar 2019: Bohemian Rhapsody Menang 4 Kategori Penghargaan

Oleh: Adrian Samudro - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bohemian Rhapsody raih empat penghargaan Oscar
tirto.id - Bohemian Rhapsody raih empat penghargaan Oscar yang dihelat di Dolby Theatre, Los Angeles, pada Minggu (24/2/2019) waktu setempat atau Senin (25/2/2019) pukul 8.00 WIB. Film garapan sutradara Bryan Singer ini memenangkan penghargaan dalam nominasi Best Mixing Sound, Best Editing Sound, best actor, dan Best Film Editing.

Pemeran Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody, Rami Malek memenangkan kategori Aktor Terbaik. Rami Malek berhasil mengalahkan Christian Bale (Vide), Bradley Cooper (A Star Is Born), Willem Dafoe (At Aternity's Gate), dan Viggo Mortensen (Green Book).

Dilansir dari Hollywood Reporter, penghargaan pertama diberikan kepada John Warhurst dan Nina Hartsrone berserta timnya untuk nominasi Best Editing Sound. Dalam nominasi ini, Bohemian Rhapsody disandingkan dengan empat nominasi lainnya, termasuk Black Panther, First Man, A Quiet Place, dan Roma.

Dalam pembuatan Bohemian Rhapsody, adanya penggabungan lagu – lagu Queen asli yang dibuat oleh tim suara, termasuk dari penampilannya di konser Live Aid 1985, yang ditampilkan di akhir film ini. Olahan suara yang dibuat membawa Bohemian Rhapsody memenangkan nominasi Best Mixing Sound mengalahkan A Star Is Born, Black Panther, First Man, dan Roma.

Film biopic yang diproduseri oleh Graham King dan Jim Beach ini menceritakan tentang kehidupan Farrokh Bulsara alias Freddie Mercury dan perjalanannya bersama band Queen yang dimulai dari tahun 1970an hingga kematiannya di tahun 1991.

Sebelum rilis film bulan November lalu, Bohemian Rhapsody sudah direncanakan sejak satu dekade lalu dengan Sacha Baron Cohen yang awalnya akan memerankan Freddie Mercury. Akhirnya, diputuskan actor Rami Malek yang mendapatkan peran tersebut dan dia juga masuk dalam nominasi Best Actor Oscar 2019.

Selain masuk dalam 5 nominasi Oscar atas film Bohemian Rhapsody, termasuk Best Picture, Queen menjadi penampil pembuka di Academy Awards bersama Adam Lambert sebagai vokalisnya. Dibuka dengan munculnya Gitaris Queen, Brian May yang memainkan gitar dengan irama ikonik dari lagu “We Will Rock You.”

Kemudian disusul dengan munculnya Adam Lambert sembari memberikan penghormatannya kepada mendiang Freddie Mercury sebagai vokalis Queen.

Queen bersama Adam merayakan acara tersebut dengan menyanyikan juga lagu “We Are the Champions”bersama kemeriahan penonton dan tamu undangan yang hadir di Dolby Theatre, yang kemudian penampilannya diakhiri dengan munculnya foto Freddiie Mercury di layar panggung.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)


Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yulaika Ramadhani