Oppo Ungkap Alasan Harga Find X Lebih Murah dari Versi Eropa

Oleh: Ibnu Azis - 19 Juli 2018
"Karena kita produksi di sini [Indonesia], maka ini akan menekan cost," kata Aryo.
tirto.id - Harga Oppo Find X di Tanah Air lebih murah dari versi Eropa yang diluncurkan pada Juni lalu. Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia membeberkan beberapa alasannya.

Pertama, untuk menghindari "keributan sosial" akibat harga yang terlalu wah bagi pasar Indonesia. Saat debut global, Oppo Find X dijual seharga 999 Euro atau sekitar Rp16 juta.

"Tinggi GDP [Produk Domestik Bruto] kita beda, bagi mereka [pengguna Eropa] mungkin Rp16 juta tidak ada masalah, tapi di Indonesia bisa banyak keributan sosial yang bahkan justru bukan target kita," kata Aryo usai peluncuran Oppo Find X di Jakarta, Rabu (18/7/2018) seperti dikutip dari Antara.

Kedua, ia melanjutkan, Eropa tidak memiliki pabrik sehingga komponen Oppo Find X harus diimpor dari Cina. Oppo Indonesia sendiri memiliki pabrik yang berlokasi di Tangerang, sehingga faktor tersebut bisa menekan biaya.

"Karena kita produksi di sini [Indonesia], maka ini akan menekan cost," jelas Aryo.

Adapun Oppo Find X yang dirilis resmi di Indonesia pada Rabu (18/7) kemarin, dijual dengan harga Rp12,9 juta. Marketing Director OPPO Indonesia Alinna Wen mengatakan bahwa Find X dirilis selepas empat tahun penantian.

"OPPO tidak setiap tahun merilis seri Find. [Ini karena kami] tidak sekadar merilis flagship spesifikasi tinggi. Bukan sekadar angka-angka benckmark semata. [Seri Find diciptakan] berorientasi user experience," katanya.

Aryo sendiri satu hari sebelum Oppo Find X diperkenalkan di Jakarta sempat menyinggung perihal harga perangkat tersebut. Kendati begitu ia tak menjelaskan alasan kenapa harga Find X di Indonesia lebih terjangkau.

"[Harga Oppo Find X] lebih terjangkau dari [versi] Eropa iya," katanya pada Selasa (17/7).


Baca juga artikel terkait OPPO FIND X atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis