Oppo Rilis Find X3 Pro dengan Kamera Mikroskop

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 12 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Find X3 Pro dibekali kamera utama dan ultra-wide dengan sensor Sony IMX766 berukuran 1/1.56 inci dengan kemampuan 50MP.
tirto.id - Oppo baru saja merilis seri Find X3 Pro, smartphone flagship yang datang dengan berbagai keunggulan.

Kamera yang ditenagai prosesor Snapdragon 888 ini selain memiliki kamera yang mumpuni, juga memiliki layar dengan warna yang memukau.

Di seri ini, Oppo menanamkan kamera utama dan ultra-wide di mana keduanya memakai sensor Sony IMX766 berukuran 1/1.56 inci dengan kemampuan 50MP.

Dalam perangkat ini Oppo juga menambahkan kamera dengan sensor microlens yang bisa melakukan zoom hingga 60x.

Alhasil, kamera microscopic ini mampu mengasilkan foto dengan depth of field (kedalaman ruang) yang menakjubkan. Kamera juga menjadi salah satu aspek desain yang menarik di seri ini.

Dari sisi layar, Find X3 Pro memiliki panel OLED LTPO 3216 x 1440. Dikutip dari Engadget, Oppo menjuluki seri Find X3 Pro ini dengan "Billion Color Phone".

Dijuluki seperti itu karena piranti ini mampu mendukung warna 10-bit di kamera utama dan layar untuk reproduksi warna yang lebih nyata dengan lebih dari 1 miliar warna. Ini merupakan peningkatan dari warna 16.7 juta di kebanyakan smartphone.

Spesifikasi lainnya yang dimiliki Find X3 Pro yakni RAM sebesar 12GB dan penyimpanan 256GB. Seri ini juga sudah mendukung VOOC fast charging yang bisa ditemui di handphone Oppo lainnya beberapa tahun belakangan.

Dengan memakai charger 65W Super VOOC, baterai 4.500mAH yang dimilikinya hanya membutuhkan waktu 10 menit dari 0 hingga mencapai 40%.

Dikutip dari The Verge, adapun dengan sistem 30W di wireless charging, ponsel bisa dicharge penuh dalam waktu 80 menit.

Di Eropa barat, seri tersebut akan dikapalkan mulai 30 Maret. Belum diketahui kapan tepatnya seri Find X3 Pro ini hadir di pasar internasional, pun dengan harganya.

Oppo sepertinya akan mengambil kesempatan terkait kesultan yang dihadapi pesaingnya, Huawei di pasar luar.

"Dengan X3 Pro, Oppo akan mengincar puluhan juta pengguna Huwaei seri Mate dan P di China dan juga global," ujar Neil Shah, direktur penelitian di Counterpoint Research seperti dikutip dari CNBC.

Ia menambahkan bahwa X3 Pro akan berkompetisi secara langsung dengan perangkat-perangkat itu.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight