OPPO & Pewarta Foto Indonesia Abadikan Jakarta Pakai Reno 10x Zoom

Oleh: Ibnu Azis - 16 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
OPPO berkolaborasi dengan Pewarta Foto Indonesia mengabadikan peristiwa Jakarta melalui sudut pandang Reno 10x Zoom.
tirto.id - OPPO mendukung Pewarta Foto Indonesia (PFI) dalam penyelenggaraan pameran foto tahunan “Rekam Jakarta” menyambut HUT Indonesia ke-74. Bentuk dukungan itu diwujudkan dengan spot pameran khusus yang menampilkan foto-foto hasil bidikan lima jurnalis foto anggota PFI Jakarta menggunakan smartphone Reno 10x Zoom.

Seluruh foto itu menampilkan rekaman peristiwa-peristiwa menarik ibu kota sepanjang Juni 2018 sampai dengan Juni 2019, dengan beberapa di antaranya diambil dari sudut pandang berbeda yang dihasilkan oleh kemampuan OPPO Reno 10x Zoom.

Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, melalui rilis tertulis kepada Tirto, Jumat (16/8/2019) mengatakan, melalui kolaborasi itu OPPO dapat menunjukkan fungsionalitas perangkat smartphone, khususnya OPPO Reno 10x Zoom, yang dapat menjadi solusi all-in-one fotografi.

“OPPO Reno 10x Zoom dapat digunakan untuk merekam berbagai sisi kehidupan, bahkan kompleksitas kehidupan ibu kota sekalipun,” sambungnya.

Menanggalkan kamera DSLR yang umum digunakan dalam sebuah pameran, kelima jurnalis foto yang terdiri dari Edi Susanto (fotografer lepas), Immanuel Antonius (Liputan6.com), Fernando Randy (Historia.id), Anhar Rizki Affandi (fotografer lepas), dan Budy Santoso (Kapanlagi.com), menggunakan OPPO Reno 10x Zoom sebagai daily-driver mereka dalam merekam perspektif lain kehidupan di Jakarta.

Hasilnya, mereka mampu mengabadikan ragam peristiwa dengan apik dalam berbagai tema menarik, mulai dari street photography hingga fotografi portrait.


Fernando Randy, pewarta foto Historia.id yang menyukai street photography dan sport photography mengatakan, OPPO Reno 10x Zoom berhasil menjangkau kelebihan kamera DSLR dan menyatukannya dalam teknologi smartphone.

“Kemampuan 10x Zoom yang dimiliki perangkat ini memungkinkan saya untuk mendapatkan foto-foto yang lebih intim dan personal,” ujarnya.

Edi Susanto, fotografer dokumenter yang gemar mengangkat isu-isu sosial, mengapresiasi fitur night-mode pada OPPO Reno 10x Zoom.

“Hasil gambar yang dihasilkan tetap apik meskipun dalam keadaan kurang cahaya. Selain itu, ada banyak fitur-fitur menarik lain yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan karya foto seperti yang bisa dihasilkan oleh kamera DSLR,” kata dia.

Adapun pameran foto Rekam Jakarta berlangsung pada 15 Agustus sampai dengan 1 September 2019 di Taman Menteng Jakarta. Dalam pameran ini, terdapat total 105 karya foto yang ditampilkan dan 125 foto yang diabadikan dalam buku fotografi “Rekam Jakarta 2018.”

Seluruh foto merupakan hasil tangkapan 93 fotografer media nasional yang berdomisili di Jakarta. Berdampingan dengan karya-karya hasil jepretan kamera profesional, hasil foto dari lima fotografer yang menggunakan OPPO Reno 10x Zoom, turut dicetak dalam medium berukuran 70 x 85 cm. Hasil cetakannya terlihat jelas dan jernih, berkat resolusi 48 Megapixel yang dimiliki lensa utama OPPO Reno 10x Zoom.

Selain pameran foto, OPPO dan Pewarta Foto Indonesia Jakarta juga menggelar diskusi foto bertajuk “Fotografi dalam Genggaman” yang menyoroti penggunaan smartphone sebagai sebuah alat fotografi yang semakin hari semakin dapat diandalkan. Diskusi ini akan berlangsung pada Minggu, 18 Agustus 2019 pukul 15.00 WIB.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight