Oppo Neo 7, Smartphone Lawas yang Masih Eksis di 2019

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 17 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meski diluncurkan pada 2015, Oppo Neo 7 masih eksis di sejumlah e-commerce, baik baru ataupun bekas.
tirto.id - Oppo Neo 7 adalah smartphone entry-level yang pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2015 silam.

Meski sudah lama melenggang, ternyata Oppo Neo 7 masih eksis dan masih ada penjual di e-commerce yang menawarkan produk Oppo Neo 7 dalam kondisi baru atau bekas.

Harga baru Oppo Neo 7 rata-rata dijual dengan harga Rp1,4 juta-an bergaransi resmi. Sedangkan untuk harga bekas dijual dengan harga Rp700 ribu-an. Harga bekasnya tentu bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung kondisi ponsel.

Melihat harga baru yang ditawarkan Oppo Neo 7 masih berada di kisaran Rp1,4 juta-an, mungkin konsumen dapat memilih produk lain yang rilisnya lebih baru.

Beberapa smartphone entry-level baru dengan kisaran harga Rp1,4 juta-an sudah menawarkan performa yang lebih baik ketimbang Oppo Neo 7.

Smartphone entry-level Oppo Neo 7 mengandalkan layar yang berukuran 5 inci dengan resolusi qHD yang menggunakan teknologi panel IPS yang mampu menghasilkan warna yang vivid dan tajam. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores di ponsel ini.

Penampilan atau desain fisik Oppo Neo 7 ini cukup menarik dengan bentuk yang elegan dan sudut yang cukup tegas.

Casing Neo 7 berbahan polikarbonat yang solid dan kuat. Hal yang menarik adalah casing belakang ponsel ini menggunakan finishing glossy yang menarik.

Performa yang ditawarkan oleh Oppo Neo 7 cukup bersaing di masanya dengan dukungan chipset MediaTek MT6582 yang berkonsep quad-core 1,3GHz dan ditandemkan dengan memori RAM 1GB. Sektor grafis, Oppo Neo 7 mengandalkan GPU dari Mali-400 MP.

Sayangnya, Oppo Neo 7 masih menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang sudah sangat ketinggalan dengan balutan antarmuka ColorOS 2.1.

Smartphone ini hingga sekarang sama sekali tidak mendapat jatah upgrade ke versi Android yang lebih baru.

Sisi fotografi, Oppo Neo 7 ini cukup standar di masanya dengan dukungan kamera utama berkekuatan 8 megapiksel dengan lensa aperture f/2.0 yang disematkan fitur autofokus dan LED flash.

Adapun kamera depan dengan resolusi 5MP dengan lensa aperture f/2.2 untuk sekadar foto selfie atau video call.

Oppo Neo 7 ini dibekali dengan memori internal 16GB guna menampung data pengguna dan masih dapat diperluas melalui slot microSD.

Tak hanya itu, Neo 7 didukung baterai berkapasitas 2420mAh guna mendukung aktivitas pengguna.



Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
DarkLight