OPPO Luncurkan Algoritma Pemosisian Presisi Tinggi

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 26 Oktober 2020
OPPO mengumumkan algoritma pemosisian RTK presisi tinggi yang menggabungkan fungsi pemosisian baru di ponsel pintar.
tirto.id - OPPO meluncurkan algoritma pemosisian presisi tinggi terdepan di industri yang sepenuhnya dikembangkan sendiri oleh OPPO.

Algoritma baru ini, nantinya akan memungkinkan sistem navigasi ponsel untuk menyediakan lokasi yang akurat dalam radius satu meter.

Levin Liu, Wakil Presiden OPPO dan Kepala OPPO Research Institute dalam rilis yang diterima Tirto, Senin (26/10/2020), mengatakan, “Di era 5G, di mana konektivitas sangat penting, berbagai aplikasi memerlukan sistem navigasi yang ditingkatkan baik untuk penggunaan di dalam maupun di luar ruangan.”

Ia menambahkan, “Menanggapi permintaan pasar yang terus meningkat ini, OPPO menerapkan teknologi pemosisian RTK presisi tinggi pada perangkat ponsel pintar dan kami yakin teknologi ini akan menguntungkan berbagai penggunaan .”

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam navigasi seluler, OPPO menghadirkan teknologi RTK ke smartphone untuk melengkapi teknologi pemosisian saat ini.

Teknologi pemosisian RTK didasarkan pada pengukuran fase pembawa yang akan memproses data yang diperoleh antara stasiun pengukur secara real time untuk memberikan pemosisian yang tepat.

Di masa lalu, teknologi ini banyak digunakan untuk pengukuran industri, yang menggunakan sistem yang sangat kompleks dengan database yang besar, sehingga tidak cocok jika diaplikasikan pada perangkat ponsel pintar.

OPPO mengembangkan algoritma dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sensor ponsel pintar yang ada, termasuk akselerometer dan giroskop untuk meningkatkan akurasi posisi dan mengurangi efek gangguan sinyal.

Saat ini, OPPO dalam tahap penyempurnaan dan persiapan dalam komersialsiasi teknologi ini. Diperkirakan teknologi ini akan tersedia secara komersial pada tahun 2021.


Baca juga artikel terkait TEKNOLOGI OPPO atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight