OPPO K1 Dirilis di India, Usung Fingerprint di Layar & Panel AMOLED

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 7 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi OPPO K1 cukup memikat. Hp panel Super AMOLED dengan fingerprint di layar hanya Rp3 jutaan.
tirto.id - OPPO K1 baru saja diluncurkan di India, yang mengandalkan panel Super AMOLED dan sensor sidik jari di dalam layar. Spesifikasi ini sebenarnya bukan hal baru, tapi OPPO K1 dibanderol harga cukup kompetitif, hanya 16.900 rupee atau sekitar Rp3,3 juta (kurs Rp195).

Diperkenalkan di India pada Rabu (6/2/2018) malam, OPPO K1 usung desain menarik berkat dukungan "poni" minimalis atau teardrop di bagian atas layar. Sementara di sisi belakang dibalut casing glossy warna gradasi. Demikian dilansir dari laman Android Authority, Kamis (7/2).

Spesifikasi OPPO K1 seturut laman OPPO India, menawarkan layar 6,4 inci FHD+ tipe Super AMOLED. Fotografi juga jadi sektor yang diunggulkan, lantaran dibekali kamera belakang ganda, masing-masing 16MP dan 2MP.

Kamera pertama berfungsi sebagai lensa utama dengan sensor 1/2.8 inci 1.12um piksel aperture f/1.7 yang dilengkapi fitur PDAF dan LED flash. Sementara kamera kedua berfungsi sebagai depth sensor.

Untuk kamera depan, OPPO K1 mengandalkan resolusi 25MP yang diperkuat fitur AI menggunakan sensor berukuran 1/2.8 inci dan aperture f/2.0. Baik kamera depan maupun belakang OPPO K1 sudah didukung fitur portrait atau bokeh.


Saat diperkenalkan, OPPO K1 menjalankan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2. Soal kinerja, ponsel ini terbilang bersaing di kelasnya berkat sokongan chipset Snapdragon 660 berkonsep octa-core kecepatan 2GHz.

Dapur pacu itu dipadukan RAM hingga 6GB. Kemampuan ponsel ini untuk bermain game cukup meyakinkan berkat dukungan Adreno 512.

OPPO K1 juga dibekali penyimpanan internal 64GB yang masih dapat diperluas melalui slot microSD maksimal 256GB. Untuk mendukung aktivitas pengguna, perangkat ini tertanam baterai 3.600mAh.

Selain sensor sidik jari di layar, OPPO K1 juga hadirkan fitur Faca Unlock untuk mendukung sektor keamanan.

Menurut GSM Arena, OPPO K1 dijual di India mulai 12 Februari 2019. Untuk sementara, baru tersedia varian 4GB + 64GB yang bisa dibeli konsumen di e-commerce terpilih, Flipkart.

Kehadiran OPPO K1 hanya sepekan setelah Samsung merilis seri Galaxy M di India. Secara tak langsung, kedua perangkat ini akan berkompetisi dengan Redmi Note 7, yang kabarnya bakal masuk ke negara tersebut dalam waktu dekat.


Baca juga artikel terkait OPPO K1 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi