OPPO Find X Resmi Dirilis di Indonesia, Harga Rp12,9 Juta

Oleh: Ahmad Zaenudin - 18 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Layar OPPO Find X tak ada notch atau "poni" khas iPhone X yang banyak diadaptasi banyak smartphone Android premium pabrikan lain.
tirto.id - OPPO Indonesia resmi merilis Find X dalam sebuah acara peluncuran di Jakarta pada Rabu (18/7/2018). Smartphone flagship atau premium ini sebelumnya debut global di Paris, Perancis pada 19 Juni 2018.

Marketing Director OPPO Indonesia Alinna Wen mengatakan bahwa Find X dirilis selepas empat tahun penantian seri smartphone premium dari OPPO tersebut.

“OPPO tidak setiap tahun merilis seri Find. [Ini karena kami] tidak sekadar merilis flagship spesifikasi tinggi. Bukan sekadar angka-angka benckmark semata. [Seri Find diciptakan] berorientasi user experience,” ucap Alinna.

Secara spesifikasi, Find X terbilang mumpuni. Dapur pacu Find X diotaki Qualcomm Snapdragon 845 dengan dukungan CPU berkonsep octa-core. Snapdragon 845 merupakan System-on-Chip (SoC) premium. SoC tersebut banyak diusung smartphone flagship pabrikan lain, semisal Samsung Galaxy S9, Xiaomi Mi Mix 2S, dan Asus Zenfone 5Z.

Lantas, dari sisi grafis Find X menggunakan GPU Adreno 630, chipset grafis sejenis yang dimiliki OnePlus 6. Dapur pacu grafis itu mendukung teknologi layar AMOLED 16 juta warna. Tampilan luar Find X sendiri memiliki dua warna, yakni bordeaux red dan glacier blue.

Seperti tren yang sedang berkembang, Find X mengusung konsep full layar dengan rasio screen-to-body mencapai 87 persen. Yang menarik, tidak ada notch atau "poni" khas iPhone X yang banyak diadaptasi banyak smartphone Android premium pabrikan lain.

Pada sektor fotografi, Find X dibekali kamera utama ganda dengan konfigurasi 16 MP dan 20 MP yang didukung optical image stabilization, mengusung konsep Pop-up. Kamera akan “menyembul” 0,6 detik saat aplikasi kamera diaktifkan yang telah diujicobakan 300 ribu kali.

Aryo Meidianto selaku Public Relation Manager OPPO mengatakan bahwa Find X dengan RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan berukuran 256GB merupakan yang dijual di Indonesia.

“[Pilihan versi tersebut] didapat dari respons konsumen,” katanya.

OPPO Find X meniadakan fitur fingerprint scanner. Fungsi keamanan smartphone tersebut berpindah sepenuhnya pada kamera utama yang mengusung teknologi 3D Face Recognition. Menurut klaim OPPO, 3D Face Recognition mereka menggunakan 15 ribu titik pengenalan wajah yang diklaim 20 kali lebih aman dibandingkan sensor sidik jari.

Terakhir, smartphone ini menggunakan Android terbaru dengan dukungan teknologi bernama Stealth 3D Camera. Teknologi tersebut diklaim mampu memperbarui foto di dalam perangkat Find X.

OPPO Find X dijual seharga Rp12.999.000 di Indonesia. Mulai tanggal 18-31 Juli, pre-order dilakukan di toko online Lazada dan beberapa toko terpilih.


Baca juga artikel terkait OPPO FIND X atau tulisan menarik lainnya Ahmad Zaenudin
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ahmad Zaenudin
Penulis: Ahmad Zaenudin
Editor: Ibnu Azis