Operasi Penyekatan Larangan Mudik Lebaran 2021

Personel kepolisian menurunkan paksa penumpang yang menaiki mobil bak terbuka saat penyekatan pemudik di jalur Pantura Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (8/5/2021). Menurut Satlantas Polres Tegal Kota pada hari ketiga pemberlakuan penyekatan pemudik, kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah yang melewati jalur Pantura cenderung sepi. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah.
Personel Polair Polres Indramayu memeriksa data Anak Buah Kapal (ABK) nelayan saat melakukan penyekatan jalur laut di perairan Indramayu, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Penyekatan tersebut untuk mengantisipasi adanya pemudik yang menumpang kapal nelayan untuk mudik melalui jalur laut. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.
Petugas gabungan menghalau pemudik yang melintas di perbatasan Karawang-Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Korlantas Polri mencatat selama tiga hari dari 381 titik penyekatan larangan mudik, polisi telah memutarbalikkan sekitar 70 ribu lebih kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan perjalanan atau terindikasi mudik. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar.
Personel kepolisian memutar balik bus yang keluar di pintu tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (9/5/2021). Menurut Satlantas Polres Brebes memasuki hari keempat pemberlakuan penyekatan pemudik, puluhan kendaraan berplat nomer luarkota dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah di putar balik, karena tidak memiliki surat kesehatan dan ijin perjalanan. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah.
Polisi memberhentikan kendaraan untuk diperiksa saat penyekatan larangan mudik Lebaran di akses masuk Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (8/5/2021). Petugas gabungan di pos pemeriksaan tersebut meminta kembali sejumlah pengendara karena tidak memiliki kelengkapan dokumen. ANTARA FOTO/Didik Suhartono.
Petugas kepolisian memeriksa sebuah truk di posko penyekatan perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Pada H+2 larangan mudik lebaran 2021, posko penyekatan Jatinangor memutarbalikkan sebanyak 149 roda empat, dan 102 roda dua. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi.
Anggota polisi mengenakan kostum "celuluk" atau sosok menyeramkan saat melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada warga dalam penyekatan larangan mudik di Badung, Bali, Sabtu (8/5/2021). Kegiatan tersebut untuk mengedukasi masyarakat agar mematuhi larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021 sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru COVID-19. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Petugas gabungan Operasi Ketupat Seulawah Polres Lhokseumawe mengarahkan mobil angkutan umum untuk putar balik di pos penyekatan mudik jalan lintas Aceh-Sumut, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (6/5/2021). ANTARA FOTO/Rahmad.
Sekitar 70.000 kendaraan yang terindikasi mudik selama tiga hari penyekatanm telah diputarbalikkan.
9 Mei 2021
Pemerintah secara resmi telah mengeluarkan aturan yang melarang mudan dan bepergian keluar kota mulai 6 hingga 17 Mei 2021. Korps Lalu Lintas Polri siapkan 333 titik sekat guna antisipasi masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021 di masa pandemi tahun ini. Hal ini dilakukan usai pemerintah melarang mudik lebaran. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan sekitar 70.000 kendaraan yang terindikasi mudik selama tiga hari penyekatanm telah diputarbalikkan.


DarkLight