One Piece 964: Perjumpaan Oden & Toki, Kemunculan Gol D. Roger

Oleh: Fitra Firdaus - 29 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dalam One Piece Chapter 964, Amatsuki Toki yang datang dari masa lalu, bertemu dengan Kozuki Oden. Sementara, status Oden sebagai samurai, membuat Gol D. Roger tertarik kepadanya.
tirto.id - One Piece Chapter 964, "Petualangan Oden" akan dirilis secara resmi melalui Mangaplus Shueisha pada Senin (2/12/2019). Dalam chapter terbaru ini, wajah asli Toki, yang kelak menjadi istri Kozuki Oden, akan terungkap. Demikian pula persaingan antara Whitebeard (Shirohige) dan Raja Bajak Laut, Gol D. Roger.

Sejak Chapter 959, "Samurai", Arc Negeri Wano memasuki flash back kehidupan masa lalu Kozuki Oden. Ia yang merupakan pewaris tahta Shogun Kozuki Sukiyaki, dikenal dengan karakter luar biasa. Oden yang bisa menghentikan kekacauan oleh Dewa Gunung, kemudian menaklukkan wilayah "tak bertuan" Kuri.

Atas jasanya mengubah Kuri, Kozuki Oden kemudian ditunjuk oleh sang ayah sebagai Daimyo wilayah tersebut. Namun, Oden yang tak berhenti berpetualang, selalu memiliki keinginan untuk keluar dari negerinya. Ia menganggap, selama ini terkurung di Wano yang menggunakan politik isolasi dari dunia luar.

Terdamparnya kapal Bajak Laut Shirohige di Wano dimanfaatkan oleh Kozuki Oden. Ia langsung menyerang Shirohige dengan permintaan, agar sang bajak laut mau membawanya sebagai kru, mengarungi samudera di dunia luar.

Namun, Shirohige tidak serta-merta mau menerima Oden. Dengan sifat sang Daimyo Kuri yang berangasan dan ingin kebebasan, Shirohige menilai, Oden bukan tipe orang yang hanya berpuas sebagai pengikut, tetapi menjadi pemimpin. Di sisi lain, Oden menegaskan, dia tak punya talenta untuk berlayar.

Shirohige yang sejak awal hanya ingin menciptakan sebuah keluarga dalam konsep bajak lautnya, berkali-kali menolak Oden. Hingga akhirnya, ia memberikan pilihan: jika Oden mampu bertahan selama tiga hari terikat rantai diseret oleh Moby Dick, kapal Shirohige, maka ia akan diterima sebagai kru sang bajak laut.

Takdir kemudian berbicara lain. Hanya sejam sebelum tiga hari yang dijanjikan, Oden terlepas dari rantai. Dia terhempas hingga tiba ke sebuah daratan. Di sanalah ia bertemu dengan Amatsuki Toki, 26 tahun. Perempuan inilah yang kelak akan menjadi istri Oden, dan dikenal sebagai Kozuki Toki, pemilik buah iblis Toki Toki no Mi.

Wajah Toki terlihat demikian mirip dengan Komurasaki, atau Hiyori, anaknya kelak dari hubungan dengan Oden.

Oden yang berasal dari Wano, ingin berlayar mengelilingi dunia. Sebaliknya, Amatsuki Toki yang datang dari masa 800 tahun lalu, ingin mengunjungi Negeri Wano untuk alasan yang masih ia rahasiakan. Keduanya ditemukan oleh Shirohige, kemudian menumpang kapal sang bajak laut mengelilingi dunia.

Keberadaan Oden di Moby Dick menjadi bahan pembicaraan dunia. Statusnya sebagai samurai Negeri Wano, yang melanggar aturan isolasi negerinya, sangat unik. Hal tersebut didengar oleh Gol D. Roger, sang Raja Bajak Laut. Ia tertarik untuk bertemu langsung dengan Oden.



Kasus Izo

Dalam perjalanannya mengelilingi dunia, Kozuki Oden tidak membawa semua pengikutnya bersama-sama. Hanya ada Nekomamushi, Inuarashi, dan Izo. Sementara, Kikunojo, Kin'emon, Denjiro, Kawamatsu, Ashura Doji, hingga Raizo tetap berada di Negeri Wano.

Kelak, Izo menjadi komandan Divisi ke-16 Bajak Laut Shirohige. Hal ini menarik karena berarti Izo dan Oden berpisah ketika Oden memutuskan kembali ke Wano. Selain itu, layak ditunggu, ketika Oden kemudian berpindah ke Kapal Roger, apakah Izo ikut serta, atau tetap berada di Moby Dick.

Jika Izo tetap berada di Moby Dick, bisa jadi ia memilih tetap berada di luar Negeri Wano dengan keputusannya sendiri. Mungkin pula Oden meminta Izo untuk masuk Bajak Laut Shirohige agar mengantisipasi kemungkinan terburuk, jika Oden dan semua pengikutnya kemudian dihancurkan oleh Kaido dan Orochi ketika kembali ke Negeri Wano.

Perkembangan Izo bakal menarik, karena ia tiba di Moby Dick dalam kondisi membenci Shirohige. Bagi Izo, tindakan Shirohige menguji Oden, yang mengancam keselamatan nyawa tuannya, tidak patut. Apalagi Oden adalah pewaris tahta klan Kozuki. Namun, pada akhirnya, Izo akan menjadi komandan divisi kapal Shirohige, dan menyebut sang bajak laut dengan sebutan "oyaji" (ayah).

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - )

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight