Olivia Colman Menang Aktris Terbaik Oscar 2019 Lewat The Favourite

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 25 Februari 2019
Olivia Colman berhasil memerankan Ratu Anne di The Favourite dengan apik.
tirto.id - Olivia Colman memenangkan kategori Aktris Terbaik di Oscar 2019 mengungguli Lady Gaga (A Star is Born), Mellisa McCarthy (Can You Ever Forgive Me?), Yalitza Aparicio (Roma), dan Glenn Close (The Wife).

Colman yang memerankan Ratu Anne dalam The Favourite layak disebut sebagai pemeran utama terbaik. Dilansir Hollywood Reporter, aktris ini telah menjadi kesukaan baik di layar lebar maupun televisi sebelum Yorgos Lanthimos (sutradara The Favourite) menampilkannya di film komedi kolosal tersebut.

Kariernya selama 20 tahun disertai dengan kepribadian ramah dan menyenangkan yang bersinar di setiap kali wawancara. Colman telah dipersiapkan menjadi aktris terbaik sesungguhnya dengan menjadi nominasi Best Actress Oscar.

Aktris kelahiran Norfolk ini telah memenangkan kategori Leading Actress di BAFTA.

Film-film sebelum The Favourite juga berhasil diperankan oleh Colman dengan apik, yaitu Peep Show yang berperan sebagai pacar-mantan lalu istri-mantan istri lalu ibu dari anak bernama Mark, kemudian film Tyrannosaurs, dan Iron Lady yang meskipun tidak berperan sebagai aktris utama (Margareth Tatcher diperankan oleh Meryl Streep), tapi ia bisa memerankan putri Margareth, Carol yang sabar dengan baik.

Broadchruch, The Lobster, dan The Night Manager juga menjadi bagian tak terpisahkan dari prestasi Olivia Colman.

Dikutip dari Independent, Colman mengatakan dirinya menghabiskan banyak waktu untuk pidato kemenangan Oscar (yang tidak ia duga sebelumnya). Colman berhasil menang atas artis veteran Glenn Close, yang telah masuk nominasi Oscar selama 6 kali tapi belum pernah menag.

The Favourite juga masuk dalam 10 nominasi Oscar. Cerita komedi gelap dan skenario vulgar tentang hubungan sesama jenis memenangkan hati banyak orang. Semua tragedi dan komedi dalam The Favourite diperankan Colman, Emma Stone, Rachel Weitzs dan para pemain lain dengan apik.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Film)

Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight