Obat Tradisional Tipes yang Murah & Mudah Didapatkan

Penulis: Iswara N Raditya - 30 Nov 2019 20:07 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ada beberapa bahan alami tradisional yang mudah didapatkan untuk meringankan tipes atau tipus.
tirto.id - Tipes atau tifus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhosa merupakan penyakit menular yang dikenal juga dengan sebutan demam tifoid atau typhoid. Penyakit ini menyebar melalui makanan atau minuman yang telah tercemar oleh tinja. Sebenarnya, ada beberapa obat alami tradisional atau herbal yang mudah didapatkan.

Orang yang terserang tipes biasanya akan mengalami gejala, antara lain demam tinggi hingga 40 derajat celcius dan meningkat secara perlahan dari sore hingga dini hari, tubuh menggigil, denyut jantung lemah, badan terasa cepat letih, sakit kepala, nyeri otot, tidak nafsu makan, sakit perut, dan terkadang terdapat vlek merah muda.

Tipes sebenarnya bisa dicegah dengan menjaga kebersihan dan sanitasi. Penyakit ini hanya menular dari manusia ke manusia, tidak bisa ditularkan oleh binatang.

Yang patut diwaspadai atas potensi terjangkitnya tipes adalah lingkungan, terutama tinja dan air seni yang dapat mencemari makanan atau minuman. Maka, kebersihan makanan dan cuci tangan menjadi kunci agar terhindar dari tipes.


Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meringankan penyakit tipes dan mudah didapatkan di sekitar kita:

Bawang Putih
Bawang putih tentu saja sangat mudah didapatkan karena juga berfungsi sebagai salah satu bahan utama masakan.

Ternyata, bawang putih bisa untuk meringankan tipes karena memiliki kegunaan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, membersihkan tubuh dari racun berbahaya, serta bisa mempercepat proses penyembuhan.

Daun Kemangi
Daun beraroma wangi yang biasa dimakan untuk lalapan atau penghias sajian makanan ini juga bisa meringankan tipes.

Daun kemangi memiliki sifat antibakteri dan antibiotik sehingga dapat meredakan demam dan sakit perut, juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Pisang
Buah pisang yang dapat dengan mudah diperoleh juga bisa untuk meringangkan tipes. Makan pisang tiap hari dipercaya mampu meredakan demam tifoid karena buah ini mengandung serat larut yang dapat menyerap cairan dari usus untuk mengatasi diare.

Pisang juga bisa mengganti hilangnya elektrolit selama demam karena tipes yang menyebabkan si penderita sulit makan seperti biasa. Disarankan, makanlah 2-3 buah pisang setiap hari selama masih merasakan demam hingga terasa mereda.

Wortel
Seperti halnya bawang putih dan buah pisang, wortel tentunya juga amat mudah didapatkan. Jenis sayuran yang satu ini dipercaya dapat meringankan penderita tipes karena mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Wortel bisa dimakan langsung setelah dicuci bersih, dibuat menjadi minuman jus, atau dikukus terlebih dahulu. Selain itu, wortel juga bisa disajikan dalam bentuk sup bersama berbagai jenis sayuran lainnya.

Madu
Bukan rahasia lagi jika madu terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tipes pun ternyata juga bisa diringankan dengan mengkonsumsi madu.

Madu dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan serta menghilangkan bakteri jahat dari tubuh. Jika Anda menderita tipes, minumlah madu sesering mungkin.

Baca juga artikel terkait GEJALA TIPES atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH

DarkLight