Nyai Haji Mastura, Istri KH Idham Chalid Meninggal Dunia

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 13 Juli 2017
Nyai Haji Mastura meninggal di kediamannya pada usia 90 tahun.
tirto.id - Istri tokoh nasional almarhum KH Idham Chalid, Nyai Haji Mastura, meninggal dunia pada usia 90 tahun, Kamis (13/7/2017) siang tadi.

Dia meninggal dunia di kediamannya di Kompleks Yayasan Perguruan Darul Maarif, Jalan RS Fatmawati Nomor 45, Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Meski belum ada informasi detail dari pihak keluarga mengenai wafatnya Nyai Haji Mastura, namun Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmi Faisal membenarkan hal itu.

"Ya betul," kata Helmi saat dikonfirmasi, seperti diwartakan Antara.

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, jenazah disemayamkan di kediamannya dan akan dimakamkan esok (14/7/2017) di samping makam KH Idham Chalid di Cisarua, Kabupaten Bogor.

Suami Nyai Haji Mastura, KH Idham Chalid pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU di era Orde Lama dan Orde Baru. Wajahnya kini terpampang di uang kertas pecahan Rp.5000.

Idham Chalid juga merupakan pendiri Yayasan Perguruan Darul Maarif yang memberikan kesempatan bagi masyarakat kecil di Jakarta untuk mengenyam pendidikan sekolah dengan biaya terjangkau.

Lahir di Satui, Kalimantan Selatan, pada 27 Agustus 1921, Idham Chalid menamatkan pendidikan di Pesantren Gontor pada 1943.

Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Maman Imanulhaq menyebut Nyai Haji Mastura perempuan yang setia mendampingi perjuangan dan sepak terjang KH Idham Chalid.

Menurut Maman, Nyai Haji Mastura tak bisa dilepaskan dari keberhasilan KH Idham Chalid sebagai ulama dan politisi ulung.

"Istri adalah kekuatan utama dalam keberhasilan suami. Itu yang saya lihat dari keluarga pahlawan nasional ini," kata dia.

Baca juga artikel terkait TOKOH NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - )

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight