Nova Arianto Jadi Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Oleh: Hendi Abdurahman - 7 Januari 2020
Nova Arianto resmi menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia usai menandatangi kontrak selama satu tahun dan opsi perpanjangan, Selasa (7/1/2020).
tirto.id - Nova Arianto resmi menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia untuk bahu-membahu bersama kepala pelatih, Shin Tae-yong usai menandatangani kontrak pada Selasa (7/1/2020). Nova dikontrak dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan.

Lebih lanjut, mantan bek Persib dan Persebaya itu juga mengatakan bahwa posisinya sebagai asisten pelatih merupakan sebuah tantangan dalam karier kepelatihannya.

“Di dalam kontrak, saya akan membantu Shin Tae-yong selama satu tahun dengan opsi perpanjangan. Semoga saya dapat memberikan yang terbaik untuk membantu pelatih Shin Tae-yong memajukan sepak bola Indonesia,” ucapnya sebagaimana diwartakan Antara.


Kendati demikian, Nova Arianto belum mengetahui posisinya sebagai asisten Timnas Indonesia ditempatkan di kelompok umur atau senior. Hal tersebut baru akan diketahui ketika Nova bertemu langsung dengan Shin Tae-yong.

Untuk diketahui, selain menjadi pelatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong juga mendapatkan tugas menangani Timnas U20 yang akan berlaga di Piala Dunia U20 2021 mendatang.

“Pertemuannya mungkin berlangsung hari Kamis (9/1) karena pelatih Shin baru tiba di Indonesia besok,” tutur Nova.

Selain Nova, Indra Sjafri yang sebelumnya menangani Timnas U23 juga dipilih menjadi asisten pelatih untuk membantu Shin Tae-yong. Dikabarkan, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu akan membawa pula asisten dari negara asalnya.

Pada 2019, Nova Arianto dan Indra Sjafri menjadi bagian dari Timnas U22. Kala itu, Nova bertindak sebagai asisten pelatih sedangkan Indra menjadi kepala pelatih. Keduanya sukses mengantarkan Garuda Muda meraih trofi Piala AFF U22 dan medali perak di SEA Games 2019.


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight