Norovirus Serang Cina: Kenali Gejala, Penularan dan Cara Cegah

Oleh: Yantina Debora - 13 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Kenali gejala, cara penularan can cara mencegah wabah Norovirus yang kini menyerang Cina.
tirto.id - Norovirus menginfeksi mahasiswa di Shanxi University of Finance and Economics yang berlokasi di Provinsi Shanxi, Cina. Wabah Norovirus muncul di tengah perjuangan Cina melawan pandemi Covid-19.

Otoritas pengendalian penyakit setempat telah mengkonfirmasi bahwa gejala para siswa tersebut disebabkan oleh infeksi Norovirus.

"Saat ini rumah sakit kampus dipenuhi oleh mahasiswa yang terinfeksi dan lantai di asrama laki-laki telah ditutup. Yang lainnya menghadiri kelas seperti biasa," ucap beberapa mahasiswa kepada surat kabar lokal Red Star News dilansir dari Global Times, Selasa (13/10/2020)

Pihak kampus mengatakan bahwa mahasiswa yang terinfeksi Norovirus ini menunjukkan gejala seperti muntah, diare hingga demam.

Pengujian yang dilakukan departemen pengawasan kesehatan kota tidak menemukan satu pun sumber makanan yang terkontaminasi yang mungkin menyebabkan infeksi Norovirus. Mereka juga mengatakan air minum dan keran kampus juga tak terkontaminasi Norovirus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Cina, lebih dari 30 wabah Norovirus telah dilaporkan secara nasional sejak September 2020, dengan jumlah sekitar 1.500 kasus.

Norovirus berasal dari keluarga yang berbeda denagn virus corona yang telah menyebabkan pandemi Covid-19 dan menyebar dari manusia ke manusia bahkan melalui udara yang dihembuskan oleh seseorang.

Gejala dan Cara Penularan Norovirus


Norovirus adalah virus yang dapat menular dan menyebabkan muntah dan diare. Orang-orang dari segala usia bisa terinfeksi Norovirus.

Dikutip dari CDC, orang dengan penyakit Norovirus dapat melepaskan miliaran partikel Norovirus. Namun hanya sedikit partikel virus yang bisa membuat orang lain sakit.

Cara penularan Norovirus adalah:

  • Melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi Norovirus;
  • Mengkonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi virus;
  • Menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian memasukkan tangan yang belum dicuci ke dalam mulut Anda.

Anda bisa terinfeksi penyakit Norovirus berkali-kali dalam hidup Anda karena ada banyak jenis Norovirus. Berikut beberapa gejala dari Norovirus.

Gejala umum terinfeksi Norovirus yakni:

  • Diare
  • Muntah
  • Mual
  • Sakit perut

Gejala lainnya yang bisa muncul jika terinfeksi Norovirus:

  • Sakit kepala
  • Demam
  • Pegal-pegal

Seseorang biasanya mengalami gejala 12 sampai 48 jam setelah terindeksi Norovirus. Kebanyakan orang dengan penyakit Norovirus akan membaik dalam 1 hingga 3 hari.

CDC mencatat bahwa Norovirus juga bisa menyebabkan radang lambung atau usus. Penyakit ini disebut gastroenteritis akut.

Cara Cegah Norovirus


Mencegah Norovirus bisa dengan beberapa cara berikut:

1. Selalu mencuci tangan

Anda dapat membantu melindungi diri Anda dan orang lain dari Norovirus dengan mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air mengalir.

Cuci tangan terutama setelah menggunakan toilet, sebelum makan, menyiapkan, atau menangani makanan, dan sebelum memberi obat untuk diri sendiri atau orang lain.

Norovirus dapat ditemukan dalam muntahan atau kotoran Anda bahkan sebelum Anda mulai merasa sakit. Virus dapat bertahan di kotoran Anda selama 2 minggu atau lebih. Sehingga penting untuk terus sering mencuci tangan selama waktu ini.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Tapi, mencuci tangan adalah yang paling direkomendasikan untuk melawan Norovirus.

2. Bersihkan makanan

Cuci buah dan sayuran dengan hati-hati. Masak tiram dan kerang lainnya sampai matang sebelum dimakan.

CDC mengatakan Norovirus relatif tahan terhadap panas. Norovirus dapat bertahan hidup pada suhu setinggi 145°F dan proses mengukus cepat yang sering digunakan untuk memasak kerang.

Makanan yang mungkin terkontaminasi Norovirus harus dibuang. Jauhkan bayi dan anak yang sakit dari dapur atau tempat memasak makanan.

Untuk membantu memastikan makanan aman dari Norovirus, rutin bersihkan peralatan dapur, sebelum menyiapkan makanan.

3. Jangan siapkan makanan untuk orang lain saat sakit

Anda dilarang menyiapkan makanan untuk orang lain atau memberikan perawatan kesehatan saat Anda sakit dan setidaknya 2 hari setelah hilangnya gejala Norovirus.

Ini juga berlaku untuk pekerja di restoran, sekolah, tempat penitipan anak, fasilitas perawatan jangka panjang, dan tempat lain karena dapat menularkan Norovirus ke orang lain.

4. Bersihkan sisa muntah

Setelah seseorang muntah atau diare, selalu bersihkan dan desinfeksi seluruh area. Gunakan sarung tangan saat membersihkan dan lakukan desinfeksi area tersebut menggunakan pembersih rumah tangga.

Diamkan disinfektan di area yang terkena setidaknya selama lima menit kemudian bersihkan kembali seluruh area dengan sabun dan air panas.


Baca juga artikel terkait NOROVIRUS atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight