Nonton Drama Narco-Saints dan 5 Alasan Kenapa Drakor Ini Menarik

Penulis: Yulaika Ramadhani, tirto.id - 8 Sep 2022 11:42 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Nonton drama Korea Narco-Saints dengan subtitle bahasa Indonesia di Netflix mulai 9 September 2022.
tirto.id - Nonton drama Korea Narco-Saints dengan subtitle bahasa Indonesia di Netflix mulai 9 September 2022.

Drakor terbaru Netflix ini digarap berdasarkan kisah nyata, mengikuti seorang pengusaha biasa yang bergabung dengan misi rahasia pemerintah untuk menangkap gembong narkoba asal Korea yang beroperasi di Suriname, Amerika Selatan.

Sutradara Yoon Jong-bin (The Spy Gone North) bersama para pemeran utama, yaitu Ha Jung-woo, Hwang Jung-min, Park Hae-soo, Jo Woo-jin, dan Yoo Yeon-seok hadir dalam konferensi pers pada hari ini untuk membahas serial ini secara mendalam.


5 Alasan Kenapa Drakor Narco-Saints Menarik


Simak sejumlah alasan berikut untuk memastikan Anda tidak melewatkan Narco-Saints.


1. Adaptasi kisah nyata dengan bumbu dramatis

Serial Narco-Saints yang akan hadir sepanjang enam episode diangkat dari kisah nyata dengan elemen tambahan demi mencapai efek yang dramatis, digambarkan melalui sosok gembong narkoba yang memasang kedok pastor. Seperti disampaikan oleh sutradara Yoon Jong-bin, ia merasa bahwa ada yang hilang dalam kisah sebenarnya jika ini dijadikan sebuah serial.

“Saya butuh menambahkan sebuah elemen untuk meyakinkan dan menggaet hati penonton. Untuk itu saya mencari-cari profesi yang sangat terhormat, dan dari situlah datangnya predikat pastor untuk membuat serial ini lebih menarik.”

Ia juga menambahkan bahwa Narco-Saints menjadi berbeda dari tayangan bergenre thriller dan cerita spy lainnya, karena diangkat dari kisah nyata, melibatkan seorang warga sipil yang menyamar sebagai agen rahasia, dan memiliki karakter yang kompleks.

2. Melibatkan sederet aktor ternama



Sutradara Yoon Jong-bin mengungkapkan bahwa proyek Narco-Saints mulai dirancang sejak sekitar delapan tahun lalu dan ia bahkan telah menentukan siapa saja aktor yang akan terlibat di dalamnya.

Perjalanannya menggarap serial ini ia kenang sebagai pengalaman yang menggugah, terutama berkat energi yang meluap-luap dari setiap pemeran. Ha Jung-woo juga berbagi bahwa sudah lama ia berharap dapat bekerja sama dengan Hwang Jung-min, sosok yang telah dikenalnya selama puluhan tahun dan dianggapnya sebagai seorang kakak. Yoo Yeon-seok menambahkan bahwa berkolaborasi dengan para aktor di serial ini merupakan mimpi yang menjadi nyata.

“Saat saya menjalani wajib militer pada tahun 2005, saya ingat sekali menonton film Hwang Jung-min dan setelah itu saya bertekad untuk bekerja dengannya,” ujarnya.

“Setiap hari saya menyambut masa-masa syuting dengan gembira dan sungguh rasanya seperti mimpi bisa bekerja dengan para aktor luar biasa ini.”

3. Berbagai karakter yang memancing rasa ingin tahu

Saat menonton Narco-Saints, Anda akan berkenalan dengan sejumlah karakter yang kompleks dan menarik. Kang Ingu (Ha Jung-woo) selalu berjuang demi keluarga, namun terjebak di misi yang membahayakan hidupnya. Pastor Jeon Yo-hwan (Hwang Jung-min) memiliki begitu banyak pengikut namun di balik itu ia adalah kepala geng narkoba kelas berat.

“Saya sempat sulit membedakan antara dua karakter ini. Ia sosok yang brengsek dan kejam saat menjadi gembong narkoba, namun di depan umatnya ia adalah seseorang yang penuh kebajikan. Secara emosional, ini peran yang cukup sulit bagi saya,” ungkap Aktor Hwang Jung-min.

Jo Woo-jin yang memerankan Byun Kitae, tangan kanan Jeon Yo-hwan, juga menjalani hal yang serupa.

“Ia berpura-pura sebagai pendeta namun sesungguhnya sebagai orang yang paling dipercaya Jeon Yo-hwan ia melakukan berbagai tugas yang tercela,” ujarnya.

Sementara Yoo Yeon-seok sebagai pengacara David Park menyebutkan bahwa tokoh tersebut tak bersikap seperti pengacara pada umumnya.

Ia menyatakan, “Walau titelnya pengacara, ia orang yang sebenarnya lebih dekat dengan dunia jalanan sehingga gaya bicaranya pun tidak seperti kaum terdidik kebanyakan.”

4. Lokasi syuting meliputi Republik Dominika sampai Korea Selatan

Untuk menghasilkan gambaran Suriname yang autentik, sebagian besar syuting Narco-Saints dilakukan di Republik Dominika, Amerika.

Namun situasi pandemi Covid-19 dan keterbatasan izin untuk melakukan syuting dalam waktu panjang, membuat tim produksi memutuskan untuk berpindah lokasi.

Saat kebingungan karena seluruh kru dan pemeran dilarang untuk bepergian ke luar negeri, sutradara Yoon Jong-bin yang mengambil rehat sejenak di Pulau Jeju, Korea Selatan, justru memiliki ide untuk menyulap Jeju menyerupai lokasi syuting mereka di Republik Dominika.

“Saya meyakinkan tim produksi desain dan kami mencoba-coba dengan menanam pohon kelapa. Walau awalnya kami ragu, pada akhirnya lokasi tersebut terlihat sungguh mirip. Para desainer sangat membantu prosesnya dan kami juga melibatkan efek CGI,” kenangnya.

5. Jalan cerita yang tak terduga

Bagi Park Hae-soo, serial ini menarik berkat perjalanan berbagai karakter yang kompleks dan menggelitik rasa ingin tahu penonton.

Sementara aktor Chang Chen yang memerankan kepala geng Chen Zhen menjanjikan bahwa penonton akan terpukau oleh kisah Narco-Saints yang menyimpan banyak misteri sekaligus jalan cerita yang tak disangka-sangka.
Hwang Jung-min menyatakan hal serupa saat ia menceritakan pengalamannya membaca naskah Narco-Saints.

“Rasanya seperti membaca buku yang begitu bagus hingga kamu tak sabar membalik lembarannya, tapi di saat yang sama tak ingin ceritanya berakhir,” ujarnya.

“Begitu jugalah serial ini, akhir episode satu akan membuat penonton sangat penasaran sehingga akan langsung melanjutkan ke episode dua, dan seterusnya.”

Tayangan laga mendebarkan dengan jalan cerita yang penuh kejutan dan diangkat dari kisah nyata membuat Narco-Saints menjadi serial yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan Anda menyaksikan tayangan ini pada 9 September hanya di Netflix.


Baca juga artikel terkait NARCO SAINTS atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight