Nonton Black Clover Eps 170 Sub Indo: Final Episode Streaming iQIYI

Oleh: Fitra Firdaus - 29 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Nonton Anime Black Clover Episode 170 (episode final) sub Indo streaming di iQIYI mulai Selasa, 30 Maret 2021.
tirto.id - Episode 170 Anime Black Clover "Haruka Mirai" (The Faraway Future) dengan takarir (subtitle) bahasa Indonesia dapat ditonton melalui streaming iQIYI mulai Selasa, 30 Maret 2021. Ini adalah episode terakhir Black Clover yang tayang sejak 3 Oktober 2017.

Anime Black Clover yang merupakan adaptasi manga karya Yuki Tabata mengisahkan petualangan Asta yang ingin menjadi Mahoutei (Magic Emperor), gelar untuk Mahou Kishi (Magic Knight) terkuat di Kerajaan Clover.

Asta berkeras mewujudkan mimpinya itu meski ia tidak mampu menggunakan sihir. Di sisi lain, Asta memiliki sahabat sekaligus rival, Yuno yang juga ingin menjadi Mahoutei. Bedanya, Yuno sejak kecil memang punya bakat tinggi dalam urusan sihir.

Seiring dengan perjalanan waktu, Asta dan Yuno berhasil masuk sebagai Mahou Kishi dan menjalani serangkaian petualangan. Hingga episode 169, "Juma no Gi" (The Devil-Binding Ritual), kisah Black Clover sampai ke Arc ke-10, Spade Kingdom Raid Arc (Spade Okoko Koryaku-hen).

Dalam Manga Black Clover sendiri, Arc Spade Kingdom Raid dimulai sejak Chapter 261, dan hingga kini statusnya masih on going (berlanjut). Chapter 261 hingga 264 diadaptasi ke Episode 168, "Saikyo no Taido" sedangkan Chapter 265 hingga 267 digarap untuk Episode 169.

Jika melihat pola ini, maka Episode 170 akan menjadi adaptasi Chapter 268 hingga seterusnya. Namun, mengingat manga Black Clover sendiri belum selesai, episode terakhir ini bisa saja berhubungan dengan film anime Black Clover.

Selama ini, meski anime Black Clover sudah mencapai 4 musim. Namun, belum sekali saja film anime kisah petualangan Asta ini diangkat.

Dalam majalah Weekly Shonen Jump Edisi 17/2021, diungkapkan bahwa Black Clover akan mendapatkan film anime, meski belum diketahui tanggal pasti rilisnya.

Shueisha sudah merilis video baru terkait visual film anime tersebut pada Senin (29/3/2021) ini. Video tersebut tidak menunjukkan footage film baru Black Clover, tetapi menampilkan footage produksi manga dan anime bergenre petualangan dan fantasi ini.




Anime Black Clover pertama kali tayang di Jepang pada 3 Oktober 2017. Awalnya, anime yang digarap oleh Pierrot ini hanya tercantum akan tayang 51 episode. Namun, ternyata berlanjut ke musim kedua, ditandai dengan rilis episode 52 pada 2 Oktober 2018.

Musim ketiga Black Clover ditandai dengan rilis episode 103 pada 1 Oktober 2019. Total terdapat 52 episode untuk anime ini hingga 1 Desember 2020. Sempat ada jeda perilisan Black Clover karena pengaruh pandemi COVID-19, seperti yang terjadi pada One Piece.

Sejak 8 Desember 2020 lalu, Black Clover memasuki musim keempat. Hingga Episode 170 yang tayang pada Selasa, 30 Maret 2021 ini, total ada 16 episode yang digarap Pierrot untuk musim pemungkas anime yang disutradarai oleh Tatsuya Yoshihara tersebut.

Jika anime Black Clover mencapai episode terakhir, tidak demikian dengan manganya yang masih berlanjut. Chapter terbaru komik karya Yuki Tabata ini dapat dibaca secara gratis dan legal hampir setiap Minggu di MangaPlus. Saat ini Black Clover sudah mencapai Chapter 287 "Day of Atonement".



Nonton Streaming Black Clover Sub Indo di iQIYI


Anime Black Clover dengan takarir bahasa Indonesia dapat ditonton melalui streaming iQIYI secara gratis sejak Episode 154. Penggemar dapat mengganti takarir jadi bahasa Vietnam, Inggris, Thailand, atau Mandarin.

Semua episode anime Black Clover di iQIYI dapat ditonton dengan kualitas 240P, 360P, atau 720P. Member VIP iQIYI dapat menyaksikan anime ini dengan kualitas 1080P dan tanpa iklan.

ANIME BLACK CLOVER SUB INDO di iQIYI

Baca juga artikel terkait BLACK CLOVER atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight