Nokia C3 Android dan Power Earbuds Lite Resmi Meluncur di Indonesia

Oleh: Ibnu Azis - 21 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Nokia C3 Android kompetitif di kelas entry-level yang menawarkan layar besar, baterai awet, serta performa gegas.
tirto.id - HMD Global resmi merilis smartphone Nokia C3 Android dan perangkat TWS Power Earbuds Lite di Indonesia pada Rabu (21/10/2020). Nokia C3 Android menjadi andalan baru lini entry-level Nokia untuk seri C sementara Power Earbuds Lite merupakan legacy dari Nokia Power Earbuds.

Dalam Virtual Media Launch Nokia C3 Android melalui Zoom, Adam Ferguson selaku Head Marketing HMD Global mengatakan, Nokia C3 Android adalah perangkat affordable yang dikemas dengan harga terbaik.

"Dari spesifikasi ada layar 5,99 inci HD, prosesor delapan ini, teknologi adaptif untuk daya tahan baterai lebih lama, pengalaman murni Android 10, serta tombol yang didedikasikan untuk Google Assistant," ujarnya pada Rabu (21/10/2020).

Adam mengatakan perilisan Nokia C Android saat ini cukup tepat lantaran seturut laporan IDC terkait pandemi COVID-19 soal menurunnya daya beli konsumen. Ia mengatakan konsumen saat ini fokus ke produk essential untuk mendukung ragam kebutuhannya yang juga berdampak pada belanja ponsel.

"Nokia C3 Android cocok bagi mereka yang belajar daring dari rumah," paparnya.

Di lain pihak, Karel Holub selaku General Manager Indonesia HMD Global mengatakan, salah satu keunggulan dari Nokia C3 Android adalah pengalaman Android murni dan soal keamanan.

Dengan Android murni, kata Karel, Nokia C3 Android tidak tersemat banyak bloatware dan hanya tertanam aplikasi-aplikasi yang benar-benar dibutuhkan pengguna. Itulah mengapa kapasitas penyimpanan Nokia C3 Android hanya 16GB lantaran ruang memorinya tidak banyak berkurang untuk menampung aplikasi-aplikasi yang tak penting.

Terkait keamanan, Nokia C3 Android didukung sepenuhnya oleh Google terkait security updates selama dua tahun. Ponsel ini pun juga tersemat sensor sidik jari guna membuka kunci perangkat.


Sementara terkait performa, Nokia C3 Android menggunakan prosesor octa-core dengan chipset Unisoc SC9863A yang disandingkan bersama RAM 2GB. Meski chip-nya terkesan asing, Karel mengatakan Nokia C3 Android bukan sekadar soal "spek", melainkan bagaimana sebuah ponsel itu dikemas sehingga affordable bagi konsumen.

Nokia C3 Android rencananya bisa dipesan di Tokopedia mulai 23 Oktober sampai dengan 8 November 2020. Ponsel ini juga bisa dipesan di Erafone mulai 25 Oktober sampai dengan 8 November 2020. Pre order Nokia C3 Android juga dibuka di Cantik Group, Sentraponsel, dan Telering mulai 2 hingga 8 November 2020.

Nokia C3 Android dapat dibeli dari harga Rp 200.000 dengan program cicilan. Selama periode pemesanan berlangsung, konsumen dapat menikmati penawaran khusus berupa paket data Telkomsel 30GB TAU dan potongan harga hingga Rp500.000 (penawaran dapat bervariasi, syarat dan ketentuan berlaku).

Ponsel Nokia C3 Android hadir dengan pilihan warna Nordic Blue dan Sand yang tersedia dalam satu varian yaitu RAM 2GB + ROM 16GB dengan harga Rp1.599.000.

Selain Nokia C3 Android, HMD Global juga memperkenalkan perangkat TWS baru mereka yaitu Nokia Power Earbuds Lite. TWS ini meneruskan kesuksesan Nokia Power Earbuds yang rencananya masuk ke Indonesia pada kuartal empat tahun ini.

Nokia Power Earbuds Lite dibekali baterai tangguh yang memungkinkan masa pakai TWS ini mencapai 35 jam. Desainnya nyaman dan dilengkapi dengan pengaturan sentuh yang intuitif sehingga memudahkan penggunanya mengatur audio saat sedang menerima telepon atau memilih lagu.

Nokia Power Earbuds Lite juga dibekali sertifikasi IPX7 yang bikin perangkat ini tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Pengguna pun tak perlu risau saat berolahraga di gym atau berlari di tengah hujan.


Baca juga artikel terkait NOKIA C3 ANDROID atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight