Nisan Istri Pahlawan Revolusi di Pemakaman Bethesda Ikut Dibakar

Oleh: Irwan Syambudi - 6 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Salah satu nisan yang dirusak orang tak dikenal di kompleks pemakaman RS Bethesda adalah milik istri pahlawan Revolusi Kolonel Anumerta Sugiyono.
tirto.id -
Nisan salib penanda makam Soepriyati Soegiyono di Pemakaman RS Bethesda Yogyakarta ikut menjadi salah satu nisan yang dibakar orang tak dikenal. Soepriyati adalah istri pahlawan revolusi Kolonel Anumerta Sugiyono, yang menjadi korban peristiwa Gerakan 30 September 1965.

Kejadian ini dibenarkan oleh pengurus Pemakaman RS Bethesda Yogya Hari Yuniarto (57). Saat ditemui di lokasi pada Sabtu (6/4/2019) sore, Yuniarto menyatakan bahwa ia mendapati nisan tersebut tercerabut dan dalam kondisi sebagian terbakar lalu ia pasang lagi.

"Yang itu tadi berarti yang saya pasang tadi [nisan] Ibu Sugiyono sudah terbakar separuh," kata dia.
Dari pantauan reporter Tirto nisan kayu salib makam Soepriyati Soegiyono yang wafat pada 17 Januari 2017 itu terbakar pada bagian belakang. Bagian kayu belakang nampak gosong.

Sedikitnya terdapat delapan nisan salib yang terbuat dari kayu di Pemakaman RS Bethesda Yogyakarta dirusak tercerabut dari makam. Sebagian nisan ada yang dibakar dan ada yang patah.

"Yang dicabut kurang lebih delapan yang dua [sudah di pasang]. Yang dibakar saya jumlahnya tidak tahu. Ada dua atau tiga yang kelihatan hangus. Di pasang satu yang satu masih utuh," kata Hari.

Hari menceritakan, kejadian perusakan nisan ini ia ketahui setelah mendapat laporan dari salah seorang ahli waris. Ia mendapatkan laporan pada pukul 15.30 WIB dan langsung mengecek ke lokasi di Jalan Affandi, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

"Bahwa dia [ahli waris] mengatakan di sini ada pencabutan salib dan dibakar terus langsung saya menyju sini sudah banyak ahli waris yang datang ke sini menyaksikan," kata dia.

Saat ia mengecek ke lokasi betul bahwa ada sejumlah nisan yang tercerabut berserakan di kanan dan kiri makam. Selain itu di lokasi ditemukan bekas abu yang terdapat nisan kayu yang terbakar di satu tempat.

Pada Sabtu malam polisi bersama dengan tim Inafis mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara.




Baca juga artikel terkait KASUS INTOLERANSI atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Agung DH
DarkLight