Neymar Harapkan Peran Coutinho dan Jesus di Piala Dunia 2018

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 27 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pemain Timnas Brazil, Neymar, mengungkapkan Brazil punya kans baik di Piala Dunia 2018, terutama dengan adanya Coutinho dan Jesus.
tirto.id - Cedera metatarsal yang saat ini dialami penyerang Timnas Brazil, Neymar, tak mempengaruhi persiapannya untuk ajang Piala Dunia 2018. Meski tak dapat memperkuat Paris Saint-Germain (PSG) di sisa musim ini, pemain yang pernah berkostum Barcelona itu punya peluang besar untuk tetap tampil di Russia bulan Juni mendatang.

Di sela-sela proses pemulihan, Neymar menuturkan pandangannya terhadap kemungkinan Brazil menjuarai turnamen empat tahunan tersebut. Menurutnya, Brazil adalah tim kuat yang memiliki peluang juara cukup besar. Neymar pun bersyukur memperoleh kesempatan memperkuat salah satu timnas sepakbola terbaik di dunia.

"Saya sangat bangga menjadi bagian dari tim, yang menurut saya, merupakan tim paling kuat. Kami memiliki kualitas untuk memenangkannya [Piala Dunia 2018]," tutur Neymar seperti dikutip situs resmi FIFA.

Neymar punya alasan untuk menyebut Brazil sebagai tim terkuat. Menurunya, Seleccao memiliki deretan pemain bintang yang tak perlu diragukan kualitasnya. Dua di antaranya, yang sangat diharapkan Neymar mampu membantu perannya di Piala Dunia mendatang adalah Philippe Coutinho dan Gabriel Jesus.

"Banyak pemain berkualitas. Kita sedang membicarakan tentang Piala Dunia, tentu hanya pemain terbaik [yang tampil] dari seluruh dunia. Tapi Coutinho dan Jesus adalah pemain, yang menurut saya, mampu memberikan pengaruh besar. Saya berharap mereka melakukannya di Piala Dunia nanti," imbuh Neymar.

Seperti halnya Neymar, Coutinho dan Jesus musim ini tampil apik di level klub. Dua nama tersebut mampu membawa klub masing-masing mendominasi kompetisi domestik.

Sejak didatangkan Barcelona dari Liverpool pada bursa transfer Januari, Coutinho terus membuktikan kapasitasnya. Ia berkontribusi besar terhadap trofi Copa Del Rey dan konsistensi Blaugrana di puncak klasemen Liga Spanyol.

Sementara Gabriel Jesus yang merupakan pemain Manchester City membuktikan pula predikatnya sebagai bintang muda. Meski sempat diuji dengan cedera, Jesus berperan besar terhadap raihan trofi Liga Inggris dan Carabao Cup The Citizens. Bedasarkan data whoscored, musim ini Jesus mencatatkan 11 gol dan tiga assist dari 16 penampilan bersama Manchester City dalam ajang Liga Inggris. Sementara di Liga Champions, ia menorehkan empat gol dari tujuh pertandingan.

Mengenai peluang merumput bersama Jesus dan Coutinho di Piala Dunia, Neymar dalam kepercayaan diri tinggi. Ia yakin dapat sembuh dari cedera sebelum bulan Juni tiba.

"Saya akan memiliki waktu yang cukup untuk tiba [sembuh] dengan kondisi dan persiapan terbaik pada Piala Dunia," pungkas Neymar.

Pada bulan Maret lalu, pelatih Brazil, Tite juga menyempatkan diri mengunjungi Neymar. Kendati tak ingin memaksakan kondisi sang pemain, Tite tak ingin pula menutup kemungkinan tampil Neymar. Jika dapat pulih sebelum Piala Dunia, Tite tak akan ragu memanggil Neymar ke skuat yang dilatihnya.

"Dia adalah pemain yang unik, satu dari tiga yang terbaik di dunia," ujar Tite kepada Marca.

Cedera Neymar bermula pada penampilannya bersama PSG, Senin (26/2/2018). Saat itu, dalam laga melawan Marseille, Neymar terlibat benturan dengan Bouna Sarr pada menit ke-77. Ia lantas tak dapat memperkuat tim di sisa waktu laga dan terpaksa ditandu ke luar lapangan.

Pada Piala Dunia di Russia mendatang, Brazil sendiri tergabung di Grup E bersama Kosta Rika, Swiss, dan Serbia. Adapun pada partai pembuka Philippe Coutinho dan kawan-kawan bakal bersua Swiss di Rostov Arena, Senin (18/6/2018) dini hari waktu Indonesia.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight