Newcastle vs Arsenal, Skor 0-1, Berkat Gol Aubameyang

Oleh: Wan Faizal - 11 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Newcaste vs Arsenal rampung dengan skor 0-1. The Gunners raih poin penuh pertama musim ini.
tirto.id - Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol tunggal kemenangan Arsenal atas Newcastle United di St James Park, Minggu (11/8/2019). Kemenangan ini tentu saja menjadi hasil yang berharga bagi pasukan Unai Emery mengingat The Gunners tak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya.

Absennya Mesut Ozil dan Sead Kolasinac karena alasan keamanan membuat Unai Emery tak punya banyak pilihan. Ozil dan Kolasinac memang dipaksa absen di laga ini setelah terlibat keributan dengan kawanan perampok yang terjadi beberapa waktu lalu. Selain itu, Emery juga masih menyimpan Alexandre Lacazette karena yang bersangkutan belum pulih benar dari cederanya.

Laga sendiri berjalan cukup monoton dalam 15 menit pertama. Arsenal memang lebih banyak menguasai bola namun hanya sebatas menggulirkannya dari belakang ke tengah atau sebaliknya. Aubameyang sama sekali tak mendapatkan servis berarti dalam periode tersebut.

Lepas menit 15, justru Newcastle yang bisa membuat ancaman berarti. Peluang pertama di laga ini datang di menit 17 ketika umpan silang Matt Ritchie disambut tandukan Joelinton dan arah bola masih tipis melebar. Tiga menit kemudian, sepakan keras Jonjo Shelvey membuat bola masih membentur tiang gawang Bernd Leno.

Tak lama berselang Arsenal mendapatkan peluang bagus pertamanya. Serangan dari sisi kiri yang digalang Nacho Monreal memberikan kans bagus pada Henrikh Mkhitaryan di depan gawang. Namun entah mengapa, sepakan first time gelandang Armenia itu malah membuat bola melayang jauh diatas gawang Newcastle.

Menit 27, kerja bagus dilakukan Joelinton ketika bisa meliuk-liuk di pertahanan Arsenal. Sayangnya itu semua tidak diimbangi dengan penyelesaian yang apik karena bola sepakannya bisa diamankan Leno. Sekitar lima menit berselang giliran Martin Dubravka yang terlibat aksi dengan menggagalkan sepakan dari Aubameyang.

Masuk babak kedua, tempo permainan sebenarnya tak banyak berubah. Namun, semua berbeda ketika Ainsley Maitland-Niles berhasil mencuri bola dari Jetro Willems dan melancarkan serangan balik cepat ke pertahanan Newcastle. Umpan silang terukur ia lepaskan pada Aubameyang yang berdiri tak terkawal di depan gawang dan skor pun berubah menjadi 0-1.

Newcastle berusaha memberikan respons dengan masuknya Allan Saint-Maximin. Pemain yang diangkut dari Nice tersebut lumayan bisa melakukan sejumlah gerakan berbahaya di pertahanan Arsenal meski gol tak kunjung tercipta bagi anak asuh Steve Bruce.

Usaha tuan rumah untuk menyamakan skor terlihat masih sulit terlaksana. Permainan mereka berjalan sangat monoton dan sulit membongkar pertahanan Arsenal. Tercatat hanya ada dua usaha dari Fabian Schar dan Joelinton lewat tembakan dari luar kotak penalti yang hasilnya masih tak sesuai harapan.

Sementara tim tamu sendiri juga tak terlalu bisa membahayakan gawang Dubravka lagi setelah gol dari Aubameyang di menit 58 tadi. Skor 0-1 tak berubah sampai wasit Martin Atkinson meniup peluit akhir pertandingan ini.

Pencetak Gol: Aubameyang 58’

Susunan Pemain:

Newcastle: Martin Dubravka; Fabian Schar, Jamaal Lascelles, Paul Dummett; Javi Manquillo, Matt Ritchie, Sean Longstaff (Allan Saint-Maximin 67’), Jonjo Shelvey (Jetro Willems 54’), Isaac Hayden; Miguel Almiron, Joelinton

Arsenal: Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers, Sokratis Papastathopoulos, Nacho Monreal; Granit Xhaka, Matteo Guendouzi; Henrikh Mkhitaryan (Gabriel Martinelli 84’), Joe Willock (Dani Ceballos 64’), Reiss Nelson (Nicolas Pepe 71’); Pierre-Emerick Aubameyang

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Agung DH
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight