New Normal: Tiga Barang yang Harus Dimiliki saat Keluar Rumah

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 19 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Masker wajah, tisu dan pembersih tangan merupakan tiga barang yang wwajib dimiliki saat ingin keluar rumah di masa New Normal.
tirto.id - Pandemi COVID-19 secara otomatis membuat siapa pun yang ingin keluar rumah untuk selalu berhati-hati karena khawatir akan terinfeksi virus Corona.

Sementara bagi sebagian orang yang keluar rumah, biasanya bertujuan untuk membeli barang-barang kebutuhannya.

Meski wabah Corona belum selesai, negara-negara yang terkena dampak pandemi telah memulai fase pembukaan kembali atau new normal, termasuk Indonesia.

Karenanya imbauan untuk terus mengenakan masker, physical distancing, dan menjaga kebersihan harus selalu diterapkan setiap saat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga meminta masyarakat untuk mematuhi pedoman tersebut.

Terkait dengan itu, ada tiga barang yang harus selalu ada di tangan siapa pun ketika ingin meninggalkan rumah. Ketiganya adalah masker wajah, tisu dan pembersih tangan.

Bagi sebagian orang, ini mungkin bukan hal baru. Bahkan sebelum wilayahnya kembali dibuka, beberapa orang selalu memilikinya.

Namun sekarang, tampaknya ini akan menjadi senjata utama orang untuk menangkal tertularnya dari virus Corona COVID-19 yang menakutkan.

Meskipun ada desinfektan yang tersedia di tempat-tempat umum seperti alkohol (setidaknya 60 persen), yang terbaik adalah selalu menggunakan pembersih tangan setiap saat dan lebih baik lagi selalu mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

Permukaan benda bisa memiliki strain coronavirus, meskipun ada klaim mereka hanya ada pada periode tertentu. Tetapi tetap saja itu tergantung pada kualitas permukaan benda, demikian seperti dikutip dari situs Medical Daily.


Ketika pandemi COVID-19 semakin meluas, tisu, hand sanitizer, dan masker termasuk salah satu barang yang sulit didapat di toko-toko dan supermarket.

Linda Morgan, seorang ahli kesehatan dan kesejahteraan, menjelaskan bagaimana tisu serta masker berguna dalam mencegah orang menyebarkan kuman mereka.

Ini merujuk pada orang yang batuk atau bersin saat berada di tempat umum. Ini juga merupakan lapisan perlindungan bagi orang-orang ketika menyentuh permukaan.

"Membawa jaringan [tisu/masker] dengan Anda berarti bahwa jika Anda harus batuk atau bersin, Anda dapat melakukannya menjadi sesuatu selain tangan Anda, dan karena itu meminimalkan risiko penyebaran kuman," kata Morgan.

"Tetap saja, pastikan untuk membuangnya segera setelah digunakan, dan cuci tanganmu segera sehingga kamu tidak mengambil risiko memindahkan kuman ke benda yang kamu sentuh," tutupnya.


Baca juga artikel terkait BARANG YANG HARUS DIMILIKI SAAT KELUAR RUMAH atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight