Netflix Bakal Produksi Serial Kisah Perjalanan Spotify

Oleh: Adrian Samudro - 13 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Netflix belum mengumumkan jadwal rilis dari serial yang akan tersedia dalam bahasa Inggris dan Swedia ini.
tirto.id - Netflix menyatakan pada Rabu (11/12/2019), bahwa raksasa streaming video itu akan memproduksi serial tentang perjalanan Spotify, layanan streaming musik asal Swedia yang mendunia.

Serial yang belum memiliki judul resmi ini akan diangkat berdasarkan buku "Spotify Untold" karangan wartawan bisnis asal Swedia, Sven Carlsson dan Jonas Leikonhufvud.

Menurut laporan The Hollywood Reporter, serial ini akan berfokus pada pendiri Spotify, Daniel Ek dan Martin Lorentzon, yang mulai meluncurkan layanan tersebut pada 2006.

Kehadiran Spotify disebut sebagai tonggak baru industri musik dengan menawarkan layanan streaming secara legal dan gratis ketika aksi pembajakan online sedang marak terjadi kala itu.

"Kisah pendiri Spotify adalah contoh yang bagus tentang bagaimana cerita lokal dapat memiliki dampak secara global," kata Direktur Internasional Netflix kawasan Eropa Utara, Tesha Crawford, sebagaimana dikutip dari Tech Crunch.

“Kami benar-benar bersemangat membawa kisah sukses ini ke kehidupan dan kami berharap dapat melanjutkan kolaborasi hebat kami dengan sutradara Per-Olav Sørensen dan tim di Yellow Bird UK," ujar Tesha.

Perusahaan Grup Banijay, Yellow Bird UK, akan memproduksi serial tentang Spotify ini bersama dengan sutradara Per-Olav Sørensen dan Berna Levin selaku produser eksekutif yang juga pernah menangani proyek Young Wallander, Hidden, dan The Girl in the Spider's Web.

Serial ini akan menjadi salah satu dari beberapa kisah pendiri platform digital yang didokumentasikan seperti Facebook dalam film The Social Network karya sutradara Aaron Sorkin dan kisah perjalanan Snapchat yang akan hadir dalam serial di layanan streaming Quibi.

"Saya bersemangat untuk menghidupkan kisah Spotify ke layar. Ceritanya benar - benar membuat saya tertarik dan tertantang karena perjalanan Spotify masih terus berkembang pesat hingga saat ini," kata Per-Olav Sørensen.

"Ini adalah kisah tentang bagaimana sekelompok kecil orang dalam industri teknologi Swedia mengubah musik, bagaimana kita mendengarkannya dan bagaimana itu dibuat, itu benar-benar sebuah kisah yang tepat untuk era ini," kata Levin.

Dia menambahkan bahwa kisah ini tak hanya tentang perubahan hidup yang terjadi dalam satu dekade terakhir tetapi juga mengenai persaingan dalam pengaruh budaya dan keuangan di dunia yang saat ini sudah serba digital, demikian ditulis CNET.

Netflix belum mengumumkan jadwal rilis dari serial yang akan tersedia dalam bahasa Inggris dan Swedia ini.


Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight