Netflix Akhirnya Rilis Fitur Play Something

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 29 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Netflix merilis fitur baru Play Something yang memudahkan dalam merekomendasikan serial atau film baru ke penonton.
tirto.id - Memilih tontonan di Netflix kian dimudahkan dengan kehadiran fitur baru. Dinamakan Play Something, fitur ini akan merekomendasikan serial atau film baru ke penonton.

Pelanggan Neflix yang mengaktifkan tombol ini akan ditunjukkan dengan tontonan berdasarkan algoritma Netflix. Dikutip CNBC, jika pengguna tidak tertarik dengan rekomendasi yang ditawarkan, mereka bisa menekan "play something else" dan nantinya fitur akan menampilkan rekomendasi serial atau film baru yang belum diselesaikan di daftar tontonan mereka.

Sebenarnya fitur ini sudah diuji coba selama beberapa bulan dengan nama yang berbeda-beda. Fitur yang sempat diberi nama Shuffle Play ini sempat dites pada tahun lalu dan muncul pada perangkat TV.

Fitur yang resmi dinamakan Play Something ini bisa dinikmati di TV. Pengguna akan bisa menjumpai tombol Play Something di beberapa tempat dalam aplikasi Netflix, termasuk di bawah profil saat melakukan log-in. Tombol juga ada di bagian kiri bar navigasi serta di halaman depan Netflix. Dilansir dari The Verge, nantinya fitur juga akan diuji coba di perangkat Android.

Netflix menegaskan bahwa tombol tersebut bukanlah tombol acak yang menyajikan konten-konten tak berujung. Alih-alih, fitur akan menyesuaikan selera serial dan film pengguna berdasarkan apa yang sudah ditonton.

Sejauh ini, Netflix telah merangkul pelanggan sebanyak 208 juta di akhir kuartal pertama 2021. Kepopuleran Netflix pun dibuktikan di ajang Oscar yang berlangsung belum lama ini.

Di gelaran Academy Awards yang ke-93, layanan streaming ini berhasil masuk 36 nominasi dengan 17 filmnya. Netflix akhirnya berhasil memboyong pulang 7 piala Oscar.

Beberapa tayangan Netflix yang memenangkan penghargaan antara lain best hairstyling and makeup untuk “Ma Rainey’s Black Bottom”, best costume design untuk “Ma Rainey’s Black Bottom”, best documentary feature untuk “My Octopus Teacher”, dan best animated short untuk “If Anything Happens I Love You”.

Sejak tahun 2013 Netflix telah memenangkan nominasi pertamanya di best documentary feature untuk "The Square". Kini, 'koleksi' piala Oscar milik platform tersebut sudah mencapai 15 piala.


Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Film)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight