Netflix akan Garap Film Live Action Gundam

Oleh: Dede Mudopar - 13 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Netflix akan menggarap film live action Gundam yang akan disutradarai oleh Jordan Vogt-Roberts.
tirto.id - Netflix telah mengumumkan penggarapan adaptasi film live action dari serial anime ikonik dan legendaris, Gundam. Proyek tersebut diumumkan Netflix melalui akun Twitter resminya.

Sebagaimana dilansir Variety (12/4), proyek live action robot raksasa itu akan diserahkan kepada Jordan Vogt-Roberts sebagai sutradara. Ia pernah menggarap film Kong: Skull Island pada 2017. Selain sutradara, Roberts juga akan berperan sebagai produser dalam penggarapan proyek tersebut.

Sementara penulisan skenario akan dikerjakan oleh penulis komik Brian K. Vaughan (Y: The Last Man) sekaligus menjadi produser eksekutif. Legendary’s Cale Boyter mengawasi proyek tersebut, bersama dengan Sunrise studio animasi Jepang di balik waralaba "Gundam".

Sedangkan dalam pendistribusian, Netflix akan bekerja sama dengan Legendary yang akan mendistribusikan film tersebut di bioskop-bioskop di Cina.

Gundam pertama kali diluncurkan pada tahun 1979 sebagai serial TV dari Yoshiyuki Tomino yang berjudul Mobile Suit Gundam. Serial tersebut semakin populer hingga tahun 1980-an karena perkembangan adaptasi yang luas di seluruh film animasi, novel, manga, mainan, model dan video game.

Mengutip Deadline, Gundam berlatar belakang pada era Universal Century, sebuah era di mana populasi umat manusia yang terus meningkat telah menyebabkan orang-orang bermigrasi ke koloni luar angkasa.

Akhirnya, orang-orang yang tinggal di koloni mencari otonomi mereka, dan melancarkan perang kemerdekaan melawan orang-orang yang tinggal di Bumi. Pertempuran dalam cerita ini dilakukan oleh karakter yang mengemudikan robot yang dikenal sebagai mobile suit.

Jordan Vogt-Roberts merupakan sutradara kebangsaan Amerika Serikat yang merilis film perdananya pada 2013 berjudul The Kings of Summer. Film drama komedi itu mendapat sambutan baik oleh penonton dan mendapatkan rating 7,1 dari 10 poin berdasarkan 78.264 penilai di website IMDb.

Dia sempat terlibat dalam penyutradaraan serial televisi Book Club sebelum kemudian menggarap Kong: Skull Island pada 2017 di bawah naungan Warner Bros. Film yang dibintangi oleh Tom Hiddleston, Samuel L. Jackson dan Brie Larson itu sukses meraup penghasilan sebesar 566 juta dolar AS dari pemutarannya secara global dan mendulang 168 juta dolar AS untuk box office domestik.

Selain itu, Vogt-Roberts juga sedang mengembangkan adaptasi dari video game franchise populer yaitu Metal Gear Solid untuk Sony Pictures yang akan dibintangi oleh Oscar Isaac. Namun, sepertinya proyek Gundam akan memulai syuting terlebih dahulu.


Baca juga artikel terkait FILM GUNDAM atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight