Nelayan Temukan Benda Serupa Rudal Berhuruf Cina di Perairan Riau

Reporter: Antara - 22 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
TNI AL sedang mengidentifikasi benda serupa rudal berwara biru dan tertulis huruf Cina yang ditemukan di perairan Riau.
tirto.id - Seorang nelayan bernama Ain dan putranya Aris menemukan benda serupa rudal dan berbentuk kapsul berwarna biru di pantai Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (19/1/2021) sore.

Berbentuk oval, benda ini punya baling-baling di bagian belakang dan disebut ada rangkaian huruf Cina memiliki panjang 1,5 meter serta berat 25 kilogram. Penemuan oleh nelayan telah dilaporkan kepada instansi terkait.

"Saya baru pertama kali melihat benda ini. Jadi tidak tahu nama alatnya apa," kata Ain, Rabu (20/1) kepada Antara.

Setelah menerima laporan, aparat Pangkalan TNI Angkalan Laut (Lanal) Terempa mengevakuasi benda tersebut ke markas.

"Benda tersebut telah diamankan ke Lanal Tarempa agar warga setempat tidak khawatir," kata Danlanal Tarempa Letkol (P) Efran Indra melalui Kepala Dispen Lantamal IV Tanjungpinang Mayor Mar Saul Jamlaay, Jumat (22/1).

Baru-baru ini isu mengenai benda serupa peluru kendali atau rudal menghangat di Indonesia. TNI AL telah mengidentifikasi tiga benda sebagai sea glider atau drone bawah laut yang ditemukan selama 2019-2020.

Tiga sea glider ditemukan di perairan Indonesia. Pertama di perairan Bintan Kepulauan Riau dekat Laut Cina Selatan atau Laut Natuna pada Maret 2019. Pada 2020 ditemukan lagi dua sea glider di Pulau Tenggol, Masalembu, Flores, Sulawesi Selatan dan Pulau Selayar, Sumatera Selatan.

Efran belum mengetahui jenis benda tersebut. Pihaknya saat ini masih mengidentifikasi dan berjanji segera mengabarkan bila sudah ada hasilnya.

"Masih diidentifikasi. Kami segera informasikan kalau memang sudah ada hasilnya," ujar Saul.


Baca juga artikel terkait KEPULAUAN RIAU atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight